Ingin Tetap Vit di Musim Penghujan? Pertimbangkan Makanan Berikut


Setiap hari nyaris hujan mengguyur sejumlah kawasan di tanah air. Dibutuhkan kondisi fisik prima agar tetap bisa beraktifitas. Perhatikan asupan berikut saat musim hujan seperti ini.
Memasuki awal tahun, Indonesia mengalami pergantian musim dari kemarau menjadi musim hujan. Pada musim ini, matahari bakal lebih sering bersembunyi. Kalaupun ada matahari, keberadaannya tidak lebih lama dari air yang turun dari langit. Hal tersebut membuat cuaca berubah, menjadi lebih lembab dan dingin dari biasanya. Terutama pada malam hari.
Pada musim ini juga biasanya beberapa orang lebih mudah terserang penyakit karena cuaca dingin yang merasuk tubuh. Maka dari itu, saat musim hujan, setiap orang dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang tebal agar tetap hangat dan cuaca dingin di luar sana tidak mengganggu kesehatan.
Meski demikian, nampaknya memakai pakaian tebal saja tidak cukup untuk tetap sehat dan hangat. Namun juga harus didukung oleh asupan yang masuk dalam tubuh, seperti makanan dan minuman. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat musim hujan agar tubuh selalu hangat. Apa saja? Simak pada 5 poin di bawah ini. 
Sayuran. Sayur hijau seperti bayam, katuk, dan sayuran lain seperti buncis, wortel, lobak, dan kacang polong, kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membangun kekebalan tubuh, sehingga kita tidak mudah sakit saat mengonsumsi sayuran tersebut setiap hari. Sayuran merah seperti ubi, bit, dan wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A serta E.
Rempah-rempah. Lada hitam, jahe, kunyit, dan kayu manis merupakan pengobatan alami yang efektif untuk mengobati pilek dan batuk. Untuk hasil terbaik, rebus dalam air lalu minum air rebusan. Rempah-rempah juga berfungsi sebagai bahan pelancaran pencernaan.
Buah-buahan. Buah-buahan adalah salah satu asupan wajib konsumsi. Vitamin yang kaya pada buah-buahan membantu tubuh untuk tetap fit. Jeruk, pepaya, dan pisang merupakan sumber yang kaya vitamin C, yang meningkatkan kekebalan tubuh.
Makanan berkuah. Makanan jenis ini penting untuk menjaga tubuh dari dehidrasi di musim dingin, bahkan ketika tidak merasa haus. Menyeruput makanan berkuah yang hangat seperti sup, teh jahe, teh hijau, jus lidah buaya sepanjang hari dapat menjaga tubuh dari dehidrasi, dan menjaganya tetap hangat.
Gula alami. Gula alami (gula aren) dan madu adalah pengganti yang baik untuk gula buatan saat diet. Gula merupakan asupan yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Sebab, gula alami tidak melalui proses pemurnian sehingga dapat menjaga gula dalam tubuh jadi seimbang.

Semoga informasi ini dapat membantu kita tetap sehat walaupun hujan dan hawa dingin mengiringi. Di samping menjaga kondisi tubuh dengan makanan di atas, pola hidup sehat juga sangat menentukan bagi kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Jangan lupa pula berdoa agar Allah SWT menjaga kita dan keluarga dari sakit. (Nabil)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Tetap Vit di Musim Penghujan? Pertimbangkan Makanan Berikut"

Post a Comment

close
Banner iklan disini