MUI Pastikan Seluruh Makanan Pesawat di Manado Halal

Bagi kaum muslimin yang menggunakan jasa penerbangan ke kawasan Sulawesi Utara hendaknya tidak khawatir. Dapat dipastikan, seluruh makanan dan minuman yang ada telah lulus uji halal yang dikeluarkan MUI setempat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), KH Abdul Wahab Abdul Gafur meminta masyarakat tidak perlu ragu dan cemas terhadap layanan konsumsi di beberapa penerbangan dari Manado, karena semuanya halal.

"Tidak perlu khawatir terhadap pelayanan makanan di pesawat udara Garuda Indonesia dan Batik Air karena semuanya sudah diperiksa oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulut dan telah dikeluarkan label halal oleh MUI," kata Abdul Gafur pada pertemuan silaturahim tokoh agama Islam dan pimpinan organisasi Islam se-Sulut, di Manado, Selasa (15 Maret 2016)

Dia mengatakan, ada keraguan dari masyarakat muslim terhadap layanan konsumsi di atas pesawat tersebut namun MUI telah melakukan pemeriksaan langsung terhadap perusahaan penyedia makanan dan dinyatakan halal.

"Perusahaan penyedia makanan tersebut sudah kami datangi dan memeriksa secara intensif, baik masalah kehalalan dan kebersihannya, selain juga pekerja diperusahaan tersebut adalah muslim," tegas Wahab menanggapi pertanyaan salah satu peserta.

MUI lanjut Gafur, sudah mengeluarkan label halal kepada limaratusan perusahaan makanan di daerah itu, termasuk penyediaan makanan di pesawat Garuda Indonesia dan Batik Air yang melayani penumpang dari Bandara Internasional, Sam Ratulangi Manado.

Kelimaratusan perusahaan tersebut meliputi, bisnis usaha penyedia makanan (katering), rumah makan, perusahaan ikan dan makanan ringan, seperti roti dan lainnya, ucap Ketua MUI Sulut itu.

Pertemuan silaturahim tokoh Islam dan pimpinan ormas Islam tersebut dilaksanakan Badan koordinasi Mubaliqh Indonesia (Bakomubin) Sulut untuk menyamakan persepsi umat Islam di Sulut.

Narasumber utama pada silaturahim tersebut, ulama dari Jakarta, Habib Jindan bin Jindan dan Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenang) Sulut, H. Suleman, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Sulut, H. Syaban Mauluddin.

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulut, Syarifudin Saafa, Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Manado, H. Sardino Lihawa, unsur pimpinan ormas Syarikat Islam (SI), Muhammadiyah, Kerukunan Wanita Islam (KWI), pimpinan majelis taklim dan remaja masjid di Manado.

Editor: Syaifullah
Sumber: Antara


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MUI Pastikan Seluruh Makanan Pesawat di Manado Halal"

Post a Comment

close
Banner iklan disini