Ini Cara Memasak Telur Sesuai Kebutuhan

Memasak telur memiliki cara tersendiri, disesuaikan dengan kebutuhan. Dan berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan agar dicapai hasil sesuai harapan.

Membuat telur rebus kedengarannya memang simpel. Siapa saja bisa membuat masakan yang satu ini. Tetapi merebus telur pun sebenarnya butuh tingkat ketelitian tersendiri. Buktinya kita sering merebus telur yang terlalu matang atau justru terlalu mentah.
Berikut ini cara menyajikan segala hal tentang telur rebus yang perlu kamu ketahui.

Agar telur mudah dikupas
Mengupas telur rebus kadang menjadi PR tersendiri. Kurang hati-hati, putih telur jadi ikut terkupas bersama kulitnya. Lalu bagaimana caranya agar kulit telur rebus bisa terkupas sempurna?
Pertama, pilih telur yang sudah tidak terlalu segar. Rebus telur ayam yang sudah berusia 1 atau 2 minggu agar mudah dikupas.
Jika kamu lebih memilih menggunakan telur yang masih segar, buat retakan kecil di dasar telur. Tekan bagian ujung telur yang lebih oval (bukan yang runcing) dengan ujung sendok kayu atau ulegan sampai terbentuk retakan kecil. Setelah itu rebus telur seperti biasa. Nantinya telur rebus akan lebih mudah dilepaskan dari kulitnya.

Waktu perebusan jadi penentu tingkat kematangan
Ingin memasak telur rebus yang matang sempurna atau soft-boiled eggs dengan kuning telur yang masih lembut? Kuncinya adalah waktu perebusan.

Berikut ini waktu yang diperlukan untuk memasak telur rebus dengan berbagai tingkat kematangan.
·         2 menit setelah air mendidih: bagian putih ini tidak sepenuhnya matang dan kuning telur masih benar-benar mentah.
·         4 menit setelah air mendidih: bagian putih sudah matang, kuning telur padat di bagian luar namun masih berair di dalam.
·         6 menit setelah air mendidih: bagian putih matang, dan kuning telur hampir matang sepenuhnya, tetapi masih sedikit lembek di bagian tengah.
·         8 menit setelah air mendidih: bagian putih matang, kuning telur matang namun masih lembut.
·         10 menit setelah air mendidih: bagian putih dan kuning telur sepenuhnya matang.
Harap diingat, tingkat kematangan telur bisa bervariasi. Volume air, suhu telur sebelum direbus, dan ukuran telur juga mempengaruh lama memasak. Segera matikan api begitu air rebusan sudah mendidih. Biarkan telur matang dengan panas air.

Agar kuning telur tidak berwarna abu-abu
Seringkali kuning telur yang direbus tampak berwarna abu-abu dan beraroma kurang sedap. Ini disebabkan karena proses perebusan yang terlalu lama. Untuk mencegahnya, segera dinginkan telur setelah direbus. Masukkan ke dalam sepanci air dingin untuk mencegah pemanasan lebih lanjut.
Itulah beberapa tips untuk merebus telur dengan tingkat kematangan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat buat kamu.
Sumber: Merdeka


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Cara Memasak Telur Sesuai Kebutuhan"

Post a Comment

close
Banner iklan disini