Cara Anak Jadi Penghafal al-Quran ala Oki

Orang tua yang ingin memiliki anak penghafal al-Quran harus mempunya komitmen kuat dalam meraih harapan tersebut. Yang utama adalah sejak dini, sang buah hati harus selalu didengarkan dengan kalam ilahi tersebut.
Hal ini sebagaimana disampaikan Oki Setiana Dewi. Seorang anak yang berusia 0-6 tahun merupakan seorang peniru terbaik di muka bumi. Sehingga apabila orangtua menginginkan sang anak bisa menghafal al-Quran, orangtua harus menerapkan pendidikan kepada sang anak sejak masih di dalam kandungan.
"Anak-anak itu apalagi usia 0-6 tahun, usia-usia golden age adalah peniru terbaik di muka bumi ini. Mereka seperti spons menyerap apapun yang mereka lihat, mereka dengar dan semuanya mereka tiru. Sehingga untuk mendidik anak-anak tersebut supaya mereka cinta al-Quran,     ya orang tuanya dan lingkungan sekitar mereka juga harus cinta al-Quran," ungkap Oki, sapaan akrabnya.
Masa pembelajaran dimulai dari saat masih di dalam kandungan. Dimana indera pertama kali yang berfungsi adalah indera pendengaran. “Ibunya harus banyak mengaji dan mendengarkan ayat-ayat suci al-Quran ketimbang yang lain,” pesannya. Ketika anak tersebut lahir juga harus dibiasakan untuk pasang lantunan ayat suci al-Quran. “Sehingga anak terbiasa dengan kalimat-kalimat itu dan bisa lebih mudah menghafalkan al-Quran," sambungnya.
Selain memperdengarkan ayat-ayat suci al-Quran, orangtua juga harus memiliki tekad dan visi misi yang kuat. Lingkungan juga harus mendukung sang anak agar bisa tumbuh menjadi seorang hafidz al-Quran.
"Kedua orangtuanya juga harus punya tekad yang kuat, visi misi yang sama. Meski anak nantinya besar menjadi apa, tapi dia basicnya harus menjadi penghafal al-Quran. Masukkan juga dia ke lingkungan yang mendukung, seperti sekolah yang banyak mata pelajaran tentang hafalan al-Quran," tukasnya.
Oki Setiana Dewi rencananya akan membuat tempat kursus untuk menghafal al-Quran di daerah Bintaro. Selain akan sibuk dengan rencananya membuat kursus, Oki juga harus menempuh pendidikan S3 nya di jurusan Pendidikan Anak Usia Dini pada September 2016 nanti.


Sumber: Okezone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Anak Jadi Penghafal al-Quran ala Oki"

Post a Comment

close
Banner iklan disini