Menikah dengan Dana Terbatas? Perhatikan Hal Ini

Menikah adalah perjanjian agung yang harus dirayakan sekali dalam perjalanan hidup. Karenanya, buatlah pesta ini berkesan walau budget yang tersedia minim.

Berapapun budget yang kamu miliki, jangan jadikan halangan untuk mewujudkan pernikahan impian. Dengan anggaran yang terbatas, kamu hanya perlu lebih kreatif dan mencari banyak inspirasi. 

Sesuaikan ekspektasi

Kamu cuma bakal stres jika terus berpegang teguh pada ekspektasi pernikahan yang begitu tinggi, apalagi kalau merujuk pada pernikahan selebriti. Singkirkan ekspektasi yang terlalu tinggi tersebut dan fokus pada keinginan untuk membuat pernikahanmu lebih unik dan indah. Cari ide dekorasi pernikahan yang sederhana namun dapat memberi dampak yang maksimal.


Tentukan prioritas

Pilih hanya satu atau dua hal yang ingin kamu jadikan fokus dalam pernikahan nanti. Hal ini akan berpengaruh pada alokasi budget.

Selebihnya cobalah berkompromi. Elemen apa yang kira-kira paling penting dalam pernikahanmu? Jika ingin memprioritaskan venue pernikahan, maka pilih yang terbaik sehingga Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak dekorasi di dalamnya.

Persiapkan dengan rapi dan detail

Catat semua anggaran dan pengeluaran dengan rapi dan lengkap. Alokasikan juga anggaran biaya tak terduga yang mungkin saja muncul. Cobalah beradaptasi dengan cepat. Kurangi anggaran pada pengeluaran lainnya jika biaya salah satu elemen tiba-tiba membengkak.

Rencanakan jumlah tamu seefisien mungkin

Kamu bisa membuat penghematan besar dengan merancang konsep pernikahan yang lebih sederhana dan efisien, namun tetap berkesan. Upacara pernikahan yang hikmat di tempat indah dan tanpa resepsi, atau pesta pernikahan dengan konsep privat dengan keluarga serta sahabat terdekat bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Coba hitung ulang jumlah tamu yang ingin diundang. Dengan mengeliminasi daftar kerabat dan tamu yang kurang akrab, kamu bisa menggunakan sisa anggaran untuk elemen lain yang lebih berguna.


Sumber: Merdeka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikah dengan Dana Terbatas? Perhatikan Hal Ini"

Post a Comment

close
Banner iklan disini