Berikut Amalan yang Dianjurkan di Hari Jum'at

Jum'at selalu diingatkan sebagai sayyidul ayyam, atau hari paling utama bagi umat Islam. Karenanya sejumlah amalan dianjurkan di hari istimewa ini. Apa saja? Semoga bisa mengerjakan.

Di samping Shalat Jum'at dan seluruh rangkaian ibadah yang menyertainya, ada beberapa amalan yang disyariatkan untuk dikerjakan pada hari Jum’at, di antaranya.

1. Memperbanyak shalawat 
Hal ini berlandaskan hadits Nabi: “Sesungguhnya di antara hari-hari kalian yang paling mulia adalah hari Jum’at. Karena itu, perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari itu karena shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku.” (HR. Abu Dawud dalam as-Sunan no. 1528 dari Aus bin Aus RA. An-Nawawi rahimahullah dalam Riyadhus Shalihin menyatakannya shahih)

2. Membaca Surat al-Kahfi dan Yasin
Landasannya adalah atsar Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,
“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, akan bersinar baginya cahaya antara dirinya dan Baitul Haram.” (Riwayat al-Baihaqi dalam asy-Syu’ab dan dinyatakan shahih oleh al-’Allamah al-Albani dalam Shahih al-Jami’)
Dalam kalimat berbeda dikemukakan: “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan bersinar baginya cahaya antara dua Jum’at.” (Riwayat an-Nasa’i dalam Alyaum Wallailah, dan asy-Syaikh al-Albani menyatakan shahih dalam Shahih at-Targhib no. 735)
Ada juga hadits yang menyebutkan:  “Barangsiapa membaca (surat) Yasin pada suatu malam, ia berada di pagi hari dalam keadaan telah diampuni. Barangsiapa membaca (surat) ad-Dukhan pada malam Jum’at, ia berada di pagi hari dalam keadaan telah diampuni,”

3. Membaca surat as-Sajdah dan ad-Dahr
Hal ini berlandaskan hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW membaca pada Shalat Subuh di hari Jum’at “Alam tanziil” (surat as-Sajdah) dan “Hal ataa ‘alal insaan” (surat ad-Dahr). (Shahih al-Bukhari no. 891)

Disebutkan bahwa hikmah disyariatkannya membaca dua surat ini karena keduanya mengandung isyarat tentang penciptaan Adam yang terjadi pada hari Jum’at dan adanya isyarat tentang kondisi hari kiamat yang akan terjadi pada hari Jum’at. 

Editor: Syaifullah
Sumber: Sejumlah rujukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut Amalan yang Dianjurkan di Hari Jum'at"

Post a Comment

close
Banner iklan disini