Alkohol Dorong Pertumbuhan Sel Kanker Payudara, Jauhi!

Dalam agama, minum alkohol termasuk dilarang. Dan setelah diteliti, banyak hal negatif dari minuman berbahaya ini bagi tubuh. Khusunya bagi para perempuan, jauhi minuman ini.
Mau terhindari dari peningkatan risiko penyakit seperti kanker payudara? Salah satu langkah sehat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari asupan minuman beralkohol.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One menyebutkan bahwa alkohol meningkatkan respons estrogen dalam mendorong pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain itu, alkohol juga dapat mengurangi efek dari beberapa jenis obat kanker. 

"Tingkat yang lebih tinggi dari hormon estrogen berhubungan dengan risiko kanker payudara yang lebih besar," tutur Chin-Yo Lin, peneliti dari University of Houston, seperti dikutip dari Times of India, Rabu, 16 Maret 2016.

Paparan alkohol dalam jangka panjang juga diketahui dapat memengaruhi beberapa mekanisme tubuh terkait kanker. Oleh sebab itu, Lin menganjurkan bagi Anda yang hobi mengonsumsi minuman beralkohol untuk segera menghentikannya.

Selain minum minuman beralkohol, faktor lain yang berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara adalah kegemukan. 

Seperti telah dipublikasikan dalam Journal of Cancer Research, peneliti dari University of Miami dan University of Granada menemukan bahwa lemak yang mengelilingi tumor atau disebut juga lemak peritumoral, sangat mungkin untuk melebar dan menyatu dengan sel induk kanker. Sel ini sendiri berkaitan langsung dengan pertumbuhan tumor.

Sel-sel kanker ini memang ditemukan pada tumor dalam jumlah kecil, namun jumlahnya bisa membesar bergantung pada gaya hidup orang tersebut. Yang mengkhawatirkan, kemoterapi dan radioterapi konvensional tidak mampu menghilangkan sel-sel ini. Inilah sebabnya setelah tahap pertama pengobatan, seringkali kanker kambuh kembali.

Editor: Syaifullah

Sumber: Detik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alkohol Dorong Pertumbuhan Sel Kanker Payudara, Jauhi!"

Post a Comment

close
Banner iklan disini