Usia Minimal 12 Tahun, Yang Pernah Haji Harus Antri 10 Tahun

Khusus untuk jamaah haji Indonesia, sejumlah aturan dibuat demikian ketat. Hanya mereka yang berusia 12 tahun boleh berangkat, sedangkan yang pernah haji harus antri setelah 10 tahun.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia segera mengeluarkan sejumlah aturan baru terkait dengan persyaratan bagi calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Ahmadi di Semarang, Kamis, 17 Maret 2016 mengatakan bahwa aturan baru itu adalah calon jamaah haji yang diperbolehkan mendaftar harus berusia minimal 12 tahun dan seseorang yang sudah menunaikan ibadah haji akan diizinkan mendaftar lagi setelah sepuluh tahun.

"Dulu begitu lahir sudah boleh berangkat haji, tapi sekarang dibatasi minimal berusia 12 tahun dan seorang yang sudah berhaji, baru boleh mendaftar lagi sepuluh tahun kemudian," katanya.

Selain itu, Kementerian Agama juga bakal mengeluarkan aturan terbaru mengenai proses pendaftaran calon jamaah haji yang semakin dipermudah dengan pemotongan sejumlah prosedur pendaftaran.

"Selain mempermudah masyarakaat dalam melakukan ibadah haji, hal tersebut juga sebagai bentuk langkah reformasi birokrasi," ujarnya.

Menurut dia, aturan baru terkait haji tersebut akan mulai diberlakukan secara resmi pada April 2016 dan bagi masyarakat yang sudah mendaftar haji sebelum aturan itu diberlakukan, maka tetap menggunakan aturan yang lama
Ia menjelaskan bahwa tujuan aturan baru tersebut untuk mengatur dan mengurangi masa tunggu calon jamaah haji.
"Saat ini masa tunggu pemberangkatan haji masih berkisar antara 18-19 tahun," katanya.

Ahmadi mengungkapkan bahwa kuota haji dari Indonesia pada 2016 yang diberikan pemerintah Arab Saudi tercatat sebanyak 23.240 orang dan diperkirakan akan bertambah karena pemerintah berencana menambahnya sebanyak 10 ribu orang.
"Kalau ada tambahan kuota haji, paling untuk Jateng tidak banyak, kemungkinan hanya 1.000 orang," ujarnya.

Editor: Syaifullah

Sumber: Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usia Minimal 12 Tahun, Yang Pernah Haji Harus Antri 10 Tahun"

Post a Comment

close
Banner iklan disini