Tahukan Anda? PNS Kazahstan Dilarang Bawa Ponsel Pintar

Para Pegawai Negeri Sipil atau PNS di negeri kita boleh dikata sebagai salah satu kelas menengah. Tampilan dan gaya hidupnya lebih glamor, khususnya yang memiliki jabatan "basah" atau strategis.

Sebuah aturan baru diisukan otoritas Kazakhstan. Mereka melarang pejabat pemerintah dan para tamu mereka menggunakan ponsel pintar di dalam gedung pemerintahan. Hal tersebut didasari atas alasan mencegahnya kebocoran dokumen sensitif kepada publik.
Tidak sebatas ponsel, tablet, jam pintar, dan segala peranti canggih harus dititipkan di pintu masuk. Aturan ini mulai diberlakukan 24 Maret mendatang.

"Meningkatnya frekuensi kasus dari informasi rahasia yang bocor ke publik melalui aplikasi Whatsapp," kutip sebuah memo tentang alasan rencana aturan tersebut, seperti dilaporkan Reuters, dilansir dari laman RT.com, Kamis, 17 Maret 2016.
Memo tersebut juga mengungkap bila pejabat publik harus menggunakan ponsel standar, tanpa kamera dan akses internet.

"Seluruh pejabat publik harus memberikan tablet dan ponsel pintar di pimtu masuk. Alat apa saja yang bisa menangkap gambar, video, merekam suara, memiliki koneksi internet adalah dilarang," ujar sebuah sumber di kantor pemerintah Kazakstan kepada Kantor Berita RIA Novosti.

Beberapa menteri Kazakstan membenarkan keaslian kutipan dokumen tersebut. Mereka menilai itu sebuah praktek normal yang diterapkan kalangan internasional.
"Hal itu sebuah praktek umum di banyak pemerintahan, Saya pikir itu normal, bukan diartikan kita tidak bisa menggunakan ponsel pintar lagi," kata Menteri Kesehatan dan Sosial Kazakstan, Tamara Duseynova kepada awak media.
Larangan penggunaan ponsel pintar juga dikonfirmasi Menteri Dalam Negeri. Bernada serupa, dia juga membenarkan bila pejabat pemerintahan diminta untuk menggunakan ponsel dalam fungsi standar.

Diketahui, dokumen negara umumnya sering bocor secara umum kepada media. Sebuah daftar baru-baru ini bocor adalah dekrit presiden kepada pemerintah yang meminta menteri menganalisis sesuatu yang tidak biasa. Dekrit tersebut bersifat pribadi, seperti revisi anggaran, atau video grafis terkait kasus pembunuhan, lapor Kantor Berita Kazakstan Tengri.

Editor: Syaifullah
Sumber: Merdeka




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukan Anda? PNS Kazahstan Dilarang Bawa Ponsel Pintar"

Post a Comment

close
Banner iklan disini