Negaranya Aman, Penjara di Belanda Akan Ditutup

Bagaimana membayangkan negeri aman, tentram dan jauh dari pelaku kriminal? Di Belanda, sejumlah penjara akan ditutup lantaran sepi penghuni.

Belanda sedang menderita penyakit yang tidak biasa yakni seluruh penjara bagi orang-orang jahat di negeri itu tidak ada penghuninya.

Kantor Kementerian Kehakiman Belanda dalam siarap pers kepada media, Senin, 21 Maret 2016, menyebutkan, seluruh tingkat kejahatan akan turun 0,9 persen setiap tahun. "Angka tersebut diperkirakan bakal bertahan hingga lima tahun ke depan."

Sepertiga dari 13.500 penjara di Belanda saat ini dalam kondisi tak berpenghuni, itu artinya lima kerangkeng besi di sana segera ditutup. Namun demikian, hal itu membuat organisasi persatuan pekerja, FNC, khawatir terhadap nasib 1.900 sipir di penjara karena mereka kehilangan pekerjaan. Sedangkan 900 karyawan lainnya bisa dipindahkan ke tempat lain.

"Lebih dari seperiga penjara di Belanda sudah tidak digunakan lagi dan diprediksi kondisi akan menjadi sesuatu yang buruk," kata Jaap Oosterveer, juru bicara Kementerian Kehakiman.

Dia menerangkan, "Jelaslah, dari perspektif sosial menurunnya kejahatan adalah sesuatu yang sangat bagus, tetapi jika Anda bekerja di penjara maka situasi tersebut bukanlah berita bagus."

Kondisi tersebut membuat pemerintah Belanda putar otak untuk memecahkan masalah tersebut. Negeri Kincir Angin itu akan menyewakan penjara ke Belgia dan Norwegia untuk memenjarakan para penjahat, sekitar 300 penjahat Belgia akan ditempatkan di Penjara Tilberg, Belanda. 

Sedangkan dengan Norwegia, negeri itu boleh memenjarakan 240 begundal ke dalam penjara yang ada di Desa Veenhuizen, Drenthe. Hal itu sesuai dengan kesepakatan antara Belanda dengan Norwegia yang diteken pada September 2015.


Sumber: Tempo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negaranya Aman, Penjara di Belanda Akan Ditutup"

Post a Comment

close
Banner iklan disini