Agar Tetap Vit Saat Libur Panjang

Sejumlah destinasi wisata mengalami kepadatan saat libur panjang seperti ini. Agar bisa menikmati ‘tanggal merah’ dengan nyaman, ada baiknya memperhatikan hal berikut.
Jika ada libur panjang, atau libur di tengah minggu di mana banyak karyawan mengambil cuti liburan, sakit adalah hal yang paling tidak diinginkan. Mungkin kita sudah memesan tiket jauh-jauh hari untuk mengambil libur, membuat rencana yang sangat matang, dan mempersiapkan segalanya agar tidak kacau, namun ketika kita sudah berangkat, badan justru drop. Travelling pun tidak mendapatkan kesenangan yang maksimal.
Hal ini menjadikan momen langka kita bisa libur dan bepergian, justru harus terbaring sakit di rumah.
Sakit tentu tidak diharapkan datangnya. Hal yang paling benar untuk dilakukan tentu adalah dengan menghindarinya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, berikut cara menghindari sakit sebelum travelling.
Cuci tangan
Jika tak ingin sakit, pastikan kalau kamu selalu mencuci tangan!
Meski mencuci tangan adalah hal yang biasa kita lakukan, namun sudahkah kamu mencuci tangan dengan benar? Caranya mudah, namun harus benar dan urut. Basahi tangan, sabuni tangan di seluruh telapak dan balik tangan hingga bersih, gosok selama minimal 20 detik, bilas, lalu keringkan.
Minum air mineral
Ketika kamu bepergian ke tempat baru, terutama tempat yang mengeksplorasi keindahan alam, di sana belum tentu terjamin kebersihan airnya. JIka kamu ragu dengan kejernihan air terutama jika kamu sedang sakit, minumlah air minum botol. Jika kamu bepergian ke luar negeri di mana air keran pun terjamin bersih, minumlah air biasa.
Perhatikan apa yang kamu minum!
Jika mau minum susu segar, jangan lupa untuk merebusnya hingga mendidih. Orang sehat pun akan sakit perut jika ini tidak dilakukan. Jika sedang sakit, kamu tetap tidak akan masalah untuk meminum teh hangat, kopi, bahkan bir atau wine. Nikmati waktu dan lupakan sakitmu.
Hati-hati dengan kontaminasi makanan
Dengan memakan makanan yang terkontaminasi, tubuhmu yang awalnya sehat pun bisa jadi langsung drop. Kebanyakan hal ini terjadi karena kamu mengalami muntah-muntah, atau diare. Untuk menghindari kemungkinan ini, kamu harus menghindari: buah atau sayur yang tidak kamu kupas sendiri, salad yang dibuat dengan porsi besar, serta makanan mentah seperti daging dan ikan.
Jangan terlalu banyak terpapar sinar matahari
Seringkali kita tak tahu kondisi cuaca di tempat yang akan kita datangi. Jika kamu datang ke tempat dengan sinar matahari yang menyengat, itu bisa membakar kulitmu.
Selain menggunakan sunblock ber-SPF minimal 15, kamu wajib untuk menutupi kulitmu dengan light-jacket, topi, atau sweater. Jangan lupa perbanyak minum air jika kamu berada di tempat yang mengharuskan kamu mengeluarkan banyak keringat.
Langsung ke dokter
Orang yang paling mengerti badanmu, adalah kamu sendiri. JIka kamu merasa butuh untuk pergi ke dokter, meski ini sedang liburan, luangkanlah sedikit waktu untuk ke dokter.

Sumber: Merdeka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Tetap Vit Saat Libur Panjang"

Post a Comment

close
Banner iklan disini