Pesan Mendikbud Jelang UN: Jangan Buat Suasana Tegang

Saat menghadapi Ujian Nasional (UN) pekan depan hendaknya orangtua memberikan rasa nyaman kepada anak-anaknya. Hal itu penting sebagai bagian dari mendidik anak menghadapi problematika hidup.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berharap para orangtua siswa jangan membuat suasana yang menegangkan jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016.

"Jangan buat suasana menegangkan untuk anak-anak, biasa saja sampaikan kepada anak-anak bahwa ini ujian normal," kata Anies di sela-sela acara "Kelas Inspirasi Sineas (KIS) Sebagai Rangkaian Peringatan Hari Film Nasional (HFN)" di SMK Negeri 57, Jakarta, Selasa (29 Maret 2016). 

Menurut Anies, setiap orang pasti menjalani ujian hidupnya masing-masing, misalnya ada ujian hidup yang diselenggarakan bersamaan, namun ada pula ujian hidup yang dijalani sendiri-sendiri karena itu semua adalah perjalanan yang normal.

"Jadi, buat orang tua jangan buat suasana yang menegangkan, buat anak-anak juga jalani ini dengan tenang dan buat penyelenggara jaga integritas," ucap Anies.

Ia juga mengatakan bahwa ujian harus dijalani dengan kejujuran dan ujian dipakai untuk mengetahui sampai sejauh mana pencapaian yang didapat.

"Jadi, itu lah tujuan kita berkaca karena tujuan ujian salah satunya untuk berkaca di mana letak kekurangan dan kelebihan kita," ujarnya.

Ujian Nasional 2016 sendiri akan berlangsung pada 4-6 April untuk SMA/MA sedangkan SMK 4-7 April.


Sumber: Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesan Mendikbud Jelang UN: Jangan Buat Suasana Tegang"

Post a Comment

close
Banner iklan disini