Jangan Remehkan Kangkung. Ini Antara Lain Manfaatnya


Ada banyak manfaat kangkung yang kerap dimasak sebagai sayur. Dengan mengetahui kegunaannya, maka tidak ada salahnya menjadikan tumbuhan ini sebagai bagian dari menu makanan yang dihidangkan. 

Manfaat kangkung yang paling unik dan tidak pernah disangka adalah kehebatannya dalam memerangi diabetes. Kangkung adalah jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan dan harganya pun terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, sayuran ini sangat mudah penanamannya sehingga dapat dengan mudah dicari di pasar dan pedagang sayur.

Sejumlah zat penting seperti vitamin A. C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. Hal ini menjadi pertimbangan yang dapat dilakukan untuk pemberian sayur kangkung sebagai menu asupan makanan sehari-hari.

Beberapa kandungan nutrisi baik diatas, memberikan dampak positif bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pencegahan Anemia
Badan yang terasa lesu dan lemah disertai kepala yang terasa pusing dapat menjadi pertanda kekurangan darah. Kangkung terdapat ada zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini juga terdapat pada manfaat ubi jalar dan kacang-kacangan seperti pada manfaat kacang panjang atau pun manfaat kacang merah.

2. Pencegahan Diabetes
Mengkonsumsi kangkung menghasilkan zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Jadi mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi. Selain manfaat kangkung yang dapat mencegah dalam menyerap gula dalam tubuh, tentunya juga dapat menikmati manfaat nasi tanpa perlu khawatir.

3. Tingkatkan Kualitas Otak
Manfaat kangkung dengan kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 membantu kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan karena mampu meningkatkan kecerdasan otak.

4. Jaga Kesehatan Jantung
Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C serta beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah, menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung atau stroke. Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sayuran hijau adalah salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau, maka dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. (D Farah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Remehkan Kangkung. Ini Antara Lain Manfaatnya"

Post a Comment

close
Banner iklan disini