Alhamdulillah, Bandung Segera Bangun Masjid Terapung


Kota Bandung akan memiliki masjid terapung di atas danau raksasa buatan di kawasan Gedebage. Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, proyek pembangunan segera dimulai tahun ini.
“Untuk masjid terapung Gedebage saat ini sedang tender DED (Detail Enginering Design). Setelah DED selesai (pembangunan) akan dimulai. Kira-kira Maret akan dimulai pembangunannya,” katanya kepada insane media beberapa waktu berselang.

Menurut Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, arsitek yang merancang pembangunan masjid itu adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil alias Kang Emil.
Emil merancang masjid itu tanpa bayaran sedikit pun. “Biaya gratisan. Beliau engga mau dibayar, katanya amal saleh,” ungkap Aher.

Di sekitar masjid yang berada di wilayah timur Kota Bandung ini juga akan dibangun pusat perbelanjaan, seperti hotel, restoran, mal, dan tempat hiburan. “Ini bisa jadi destinasi wisata baru di Bandung,” kata Aher.

Selain itu, akan dibangun juga museum bertema islami. “Kita bangun museum Islam, museum asmaul husna, museum sejarah Islam, dan museum sejarah Nabi Muhammad SAW,” terangnya. Dengan hadirnya sejumlah fasilitas itu diharapkan dapat mengundang banyak orang, terutama generasi muda agar memahami aqidah Islam dengan benar, lanjut Aher.

Luas kawasan masjid tersebut mencapai 40 hektare. Rinciannya, danau buatan sekitar 25 hektare, pelataran masjid 2,5 hektare, dan ruangan masjid 1 hektare. Sisanya untuk pembangunan mal, restoran, hotel, museum, taman, dan area bermain lainnya. Anggaran yang dibutuhkan mencapai triliunan.

Dari desain awal yang beredar, masjid terapung tersebut akan dibangun di sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Danau buatan sendiri dimaksudkan untuk mengatasi banjir di kota Bandung, khususnya kawasan Bandung Timur yang akan menjadi lokasi pembangunan Bandung Teknopolis. (Trib)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alhamdulillah, Bandung Segera Bangun Masjid Terapung"

Post a Comment

close
Banner iklan disini