Waspadalah: Penyakit Ginjal Bisa Menyerang Anak-anak


Bagi orang tua hendaknya ekstra hati-hati terhadap kesehatan sang buah hati. Karena penyakit ginjal ternyata dapat menyerang anak-anak. Berikut penjelasannya.

Peringatan ini disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr Dhairmeizar, SpPD-KGH, bahwa anak-anak juga bisa mengidap beberapa penyakit ginjal, baik yang akut maupun kronis.

Begitu pula disampaikan oleh ahli ginjal anak FKUI-RSCM, DR dr Sudung O. Pardede, SpA(K). Menurutnya, penyakit ginjal pada anak ada yang sudah bawaan sejak di dalam kandungan, dan ada yang didapat setelah anak dilahirkan. Semua bisa diketahui dengan memeriksakan anak ke dokter.


"Kalau yang bawaan misalnya ginjal polikistik. Nah, kalau yang didapat alias setelah lahir itu seperti infeksi saluran kemih atau mungkin kelainan lain," ujar dr Sudung dalam konferensi pers peringatan Hari Ginjal Sedunia 2016 di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis, 10 Maret 2016.

Gejala yang muncul bervariatif, bergantung pada penyakit ginjal itu sendiri dan tidak bisa disamaratakan. Seperti dicontohkan dr Sudung, anak dengan infeksi saluran kemih biasanya menunjukkan gejala seperti demam dan nyeri saat berkemih.
"Tapi perhatikan juga, yang infeksi seperti ini belum tentu terjadi penurunan fungsi ginjal. Yang seperti ini bisa disembuhkan, tapi ya kalau tidak diatasi lama-lama fungsi ginjal bisa terganggu," imbuh dr Sudung.

Ginjal memiliki peran penting dalam sistem metabolik tubuh manusia. Selain menjadi organ penyaring racun dan zat-zat sisa dalam darah, ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan volume dan komposisi cairan tubuh.

Organ vital ini juga berperan dalam keseimbangan sirkulasi darah, yaitu dengan mengatur tekanan darah dan memproduksi sel darah merah. Setiap hari, ginjal menyaring hingga 180 liter darah. Oleh sebab itu, kesehatan ginjal penting untuk selalu dijaga.

Editor: Syaifullah

Sumber: detik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadalah: Penyakit Ginjal Bisa Menyerang Anak-anak"

Post a Comment

close
Banner iklan disini