Ingin Nonton Gerhana Matahari? Datang Saja ke Masjid Al-Akbar Surabaya

Di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya warga dapat menyaksikan gerhana matahari. Disediakan seribu kacamata gratis untuk menyaksikan secara langsung peristiwa langka ini, disamping shalat berjamaah dan khotbah gerhana. 

Bagi kalangan masyarakat yang ingin menyaksikan peristiwa langka gerhana matahari bisa datang ke Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Disediakan 1.000 kacamata gratis untuk mereka yang hadir.
Kacamata ini diproduksi menggunakan filter khusus yang dapat meredam intensitas cahaya matahari hingga 100.000 kali sehingga pasti aman bagi mata. Dan khalayak yang ingin mendapatkannya cukup datang saat acara nonton bareng pukul 06.00 - 08.00 WIB, di hari Rabu (9/3/2016).
"Kacamata disumbang Gus Ipul (sapaan Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim, red). Saat melihat matahari, kacamata ini tidak boleh dilepas," kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya H Helmy M Noor, Senin, 7 Maret 2016. 


Untuk menyiapkan nonton bareng gerhana matahari ini, telah dilaksanakan gladi resik dengan membawa semua alat yang akan digunakan pada saat gerhana 9 Maret.

"Alhamdulillah uji coba berhasil dan kita bisa melihat secara detail pergerakan matahari selama 3 menitan. Setelah itu tertutup awan," kata H Helmy, sapaan akrabnya.

Karena gerhana matahari total adalah fenomena sangat langka, H Helmy berharap semua masyarakat bisa ikut hadir menyaksikan sekaligus mengikuti shalat gerhana.
"Bagi non muslim juga dipersilakan hadir menyaksikan melalui TV LED 54 inci di area luar shalat yakni halaman masjid," katanya.

Untuk memberikan kenyamanan masyarakat dan bisa detil menyaksikan pergerakan matahari, masjid kebanggaan warga Surabaya ini menyiapkan 4 layar lebar dan 4 LED 54 inci. Sedangkan untuk memantau pergerakan matahari disiapkan Teleskop Explore Scientific ED 80mm milik PW Lembaga Falakiyah PWNU Jatim.

Nonton Bareng atau Nobar gerhana matahari nanti menggunakan teleskop yang biasa digunakan untuk keperluan astrofotografi dan melakukan rukyatul hilal setiap awal bulan hijriyah. Terutama menentukan awal Ramadhan, awal Syawal (Idul Fitri) dan Dzulhijjah (Idul Adha).

Nobar dan Shalat Gerhana ini hasil kerjasama Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dengan Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Jatim. Khatib dan imam shalat adalah KH Abdusshomad Buchori yang juga imam besar Masjid Nasional Al-Akbar dan Ketua MUI Jawa Timur.

Editor: Syaifullah
Sumber: Detik.

Keterangan gambar: Afif Amrullah dari PW LTN NU Jatim (kiri) dan H Helmy M Noor dengan kacamata dan teleskop untuk memantau gerhana matahari. (auleea/fif)









 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Nonton Gerhana Matahari? Datang Saja ke Masjid Al-Akbar Surabaya"

Post a Comment

close
Banner iklan disini