Sejumlah Artis pun Didaulat Jadi Duta Pancasila

Sebagai publik figur, para artis juga memiliki tanggungjawab besar untuk memasyarakatkan Pancasila. Diharapkan, sebagai panutan mereka menjadi panutan bagi para penggemarnya.

Anggota MPR RI Abdul Kadir Karding menegaskan, sila-sila yang ada dalam Pancasila tidak datang begitu saja, tapi ada proses panjang yang dilalui founding fathers dan founding mothersbangsa ketika merumuskan nilai-nilai yang hidup di masyarakat yang kemudian disebut Pancasila.
“Sila-sila itu lahir dari berbagai sumber. Diambil dari nilai agama, adat istiadat Indonesia saat itu, dan paham-paham yang berkembang,” kata Karding saat menjadi pembicara kunci di Sosialisasi Empat Pilar MPR bagi para pekerja seni di Ruang GBHN, Kompleks Parlemen Jakarta, Kamis, 7 April 2016.
Pancasila mempunyai peran penting bagi bangsa Indonesia. Pancasila yang dikonsepkan para pendiri bangsa itu diartikan sebagai nilai-nilai yang hidup di masyarakat, yakni gotong royong.
Sosialisasi ini disampaikan MPR RI kepada para pekerja seni, seperti artis peran dan penyanyi, agar kasus Zaskia Gotik yang melecehkan lambang negara tidak terulang lagi. Tidak hanya bagi Zaskia, tapi juga bagi semua pekerja seni, termasuk seluruh bangsa Indonesia.
Menurut Karding, sosialisasi Empat Pilar MPR bagi pekerja seni dianggap sangat tepat. Para pekerja seni akan menjadi panutan masyarakat untuk mengimplementasikan Pancasila dengan benar.
“Walaupun saya mensosialisasikan Empat Pilar MPR di 1.000 tempat, masih kalah jika dibandingkan aksi para artis mensosialisasikan Empat Pilar di televisi karena hampir 97 persen penduduk Indonesia punya televisi. Jadi para pekerja seni mempunyai posisi strategis menjadi duta penyebar nilai-nilai Pancasila,” kata Karding.
Dia juga berharap, di kalangan pekerja seni juga ada komunitas pencinta Pancasila. Acara itu dihadiri anggota MPR, seperti Lukman Edy, Ana Mu’amanah, dan Krisna Mukti. Hadir pula sejumlah selebritas, yakni Sandy Nayoan, Puput Melati, Eddies Adelia, Lena Magdalena, dan Soleh Ali Bawazier. Dalam kegiatan ini, sila-sila Pancasila diucapkan bersama dengan lantang.
Sumber: Tempo


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejumlah Artis pun Didaulat Jadi Duta Pancasila"

Post a Comment

close
Banner iklan disini