Agar Tetap Cantik Saat Menstruasi

Perempuan dituntut untuk tetap terlihat cantik di banyak tempat. Karena tugasnya yang demikian mulia dalam keluarga maupun ketika berkarir di tempat kerja. Saat menstruasi, berikut hal yang dapat dilakukan.

Saat 'tamu bulanan' mampir, perempuan jadi cenderung moody. Bukan hanya karena dorongan hormon yang bikin emosi kita naik turun. Saat menstruasi, tubuh kita ikut berubah. Lonjakan testosteron membuat kulit kita memproduksi minyak berlebih. Akibatnya muncul satu atau dua jerawat di wajah. Belum lagi perut menggembung dan area kewanitaan yang terasa tak nyaman.

Kulit juga cenderung kehilangan vitalitasnya saat menstruasi. Selain berminyak dan berjerawat, kulit juga terlihat kusam atau pucat. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa perawatan penting yang bisa kamu coba agar kulit senantiasa cantik selama menstruasi.

Banyak Minum Air
Usahakan untuk mengonsumsi air mineral dalam jumlah cukup sejak dua atau tiga hari sebelum tanggal menstruasi. Teruskan kebiasaan ini selama menstruasi berlangsung. Pasalnya kulitmu cenderung mudah berjerawat dan kusam pada saat menstruasi. Air putih akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan memperkecil risiko munculnya jerawat dan kulit kusam.

Pentingnya Pelembab
Mungkin kamu merasa malas memakai pelembap karena merasa gerah saat beberapa hari pertama menstruasi. Selama menstruasi kulit cenderung terlihat lebih kusam dan pucat. Pelembap akan menghidrasi kulitmu dan menjadikannya terlihat lebih sehat. Jadi jangan sampai alpa mengoleskan pelembap pada wajah, ya.

Gunakan Masker
Tak jarang kita merasa wajah terasa sedikit bengkak saat menstruasi, terutama di area sekitar mata. Segarkan kembali wajahmu dengan masker penyejuk dari bahan-bahan alami. Misalnya teh chamomile, teh hijau, atau mentimun.
Celupkan kain basah steril atau tisu (tanpa parfum) ke dalam air seduhan teh yang sudah dingin, kemudian gunakan untuk mengkompres wajah. Kamu juga bisa menggunakan masker dari parutan timun segar yang sudah didinginkan di dalam lemari es.

Hindari Scrubbing
Scrubbing secara rutin memang penting untuk memastikan keremajaan kulit. Tetapi sebisa mungkin hindari perawatan yang satu ini saat menstruasi. Pasalnya kulitmu akan lebih lembut dan sensitif daripada biasanya. Eksfoliasi dengan bahan yang memiliki tekstur kasar bisa jadi akan membuat kulitmu rusak.

Masker Buah
Karena kulitmu memproduksi lebih banyak minyak, masker dari buah-buahan asam seperti jeruk nipis, lemon, apel, dan stroberi akan membantu membersihkan pori-pori dari minyak berlebih sekaligus menjadikan kulit lebih bercahaya.

Vitamin E
Makanan yang mengandung vitamin E penting untuk melancarkan peredaran darah dan mengontrol hormon. Vitamin ini bisa ditemukan dalam ikan laut, kacang-kacangan, paprika, sayuran berwarna hijau gelap, dan minyak sayur. Suplemen vitamin E juga bisa dijadikan solusi yang lebih praktis.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat selama masa menstruasi.


Sumber: Merdeka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Tetap Cantik Saat Menstruasi"

Post a Comment

close
Banner iklan disini