Ini Bahaya Minum Teh Hijau

Setiap sesuatu memiliki dua sisi, positif dan negatif. Bila tidak selektif dan tanpa dilandasi pengetahuan yang memadai, maka bukan kebaikan yang diraih. Termasuk dari meminum teh hijau. Berikut rinciannya.

Minum teh hijau memang memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, teh hijau juga dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan.
Sekiranya, 2 cangkir adalah batasan aman untuk minum teh hijau. Karena, minuman ini juga mengandung berbagai bahan yang bisa membahayakan kesehatan, seperti kafein, tanin dan katekin.
Karena itu, sebaiknya Anda tak lebih dari 2 cangkir ketika minum teh hijau jika tak ingin merasakan dampak negatifnya bagi kesehatan seperti berikut ini.
Sakit perut
Tanin dalam teh hijau meningkatkan keasaman di lambung, sehingga menyebabkan sakit perut, mual dan sembelit. Dengan demikian, minum teh hijau saat perut kosong harus dihindari.
Sakit kepala
Menurut sebuah penelitian, kandungan kafein dalam teh hijau salah satu penyebab sakit kepala kronis. Karena itu, penderita migrain dan vertigo sebaiknya menghindari teh hijau.
Diare
Diare adalah efek samping lain dari minum teh hijau secara berlebihan. Efek pencahar kafein merangsang otot-otot usus berkontraksi. Pada akhirnya proses ini mengakibatkan sistem tubuh mengeluarkan kotoran, namun sering menyebabkan diare.
Anemia
Terlalu banyak minum teh hijau, dalam hal ini 2 cangkir lebih sehari, dapat berbahaya karena mengurangi penyerapan zat besi dari makanan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya teh hijau diminum dengan lemon atau buah lain yang kaya vitamin C.
Masalah tidur
Seperti kopi, ternyata teh hijau juga mengandung kafein yang dapat menyebabkan Anda susah tidur jika meminumnya lebih dari 2 cangkir sehari. Kafein meningkatkan produksi adrenalin di otak, sehingga membuat Anda terus terjaga.
Detak jantung tak beraturan
Kafein dalam teh hijau juga bisa menyebabkan detak jantung berdetak tak beraturan. Karena, kafein dalam teh hijau merangsang otot-otot jantung berkontraksi saat istirahat. Demikian sebagaimana dikutip Boldsky, Sabtu (2 April 2016).
Sumber: Okezone


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Bahaya Minum Teh Hijau"

Post a Comment

close
Banner iklan disini