Ini Penyebab Perilaku Kidal

Kebiasaan menggunakan tangan kiri ternyata mendapatkan perhatian sejumlah kalangan. Dari penelitian tersebut tergambar bahwa banyak faktor yang menyebabkan seseorang akhirnya lebih dominan menggunakan tangan kiri. Berikut analisanya.

Sebuah penelitian genetika mengungkapkan proses biologis mempengaruhi apakah kita kidal atau bertangan kanan. Para peneliti dari sejumlah universitas di University of Oxford, St. Andrews, Bristol, Inggris, dan dari Max Plank Institute di Nijmegen, Belanda, menemukan korelasi antara kecenderungan penggunaan tangan kanan atau kiri dan jaringan gen yang terlibat pada pembentukan asimetri kanan dan kiri dalam perkembangan janin.

"Gen yang terlibat dalam proses biologis sejak embrio awal berkembang dari bola sel dan tumbuh menjadi organisme menentukan kecenderungan penggunaan tangan kanan atau kiri," kata William Brandler, peneliti di MRC Functional Genomics Unit di Oxford University.

Para peneliti beranggapan bahwa gen juga membantu menentukan perbedaan kanan dan kiri dalam otak, yang akhirnya mempengaruhi penggunaan tangan kanan atau kiri. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal PLOS Genetics.

Manusia adalah satu-satunya spesies yang memperlihatkan penyimpangan besar dalam perbedaan tangan kanan dan kiri. Sekitar 90 persen manusia adalah pengguna tangan kanan. Penyebab perbedaan yang besar ini masih menjadi misteri.

Para peneliti yang dipimpin oleh Silvia Paracchini di University of St. Andrews tertarik untuk mengetahui gen mana yang mempengaruhi penggunaan tangan, sekaligus menyelidiki penyebab dan evolusi penggunaan tangan kanan atau kiri.

Studi asosiasi genom dilakukan untuk mengidentifikasi varian genom umum yang mungkin berkorelasi dengan kecenderungan penggunaan tangan yang paling disukai. Varian paling signifikan terdapat pada gen PCSK6, yang terlibat dalam penentuan kiri dan kanan pada perkembangan janin.

"Perkembangan penggunaan tangan kiri dan kanan adalah hasil dari perpaduan berbagai gen, lingkungan, dan tekanan lingkungan untuk lebih menggunakan tangan kanan," kata William Brandler.


Sumber: Tempo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Penyebab Perilaku Kidal"

Post a Comment

close
Banner iklan disini