Ini Bahaya Penggunaan Behel Gigi

Agar tampilan gigi lebih bagus dan menarik, sejumlah kalangan rela menggunakan kawat gigi atau behel. Padahal kebiasaan tersebut kurang baik bagi kesehatan. Berikut ulasannya.

Kawat gigi atau disebut juga behel gigi merupakan alat untuk memperbaiki struktur gigi agar menjadi rata atau lebih rapi. Namun jika fungsi awal kawat untuk merapikan gigi, sekarang jni sudah berubah. Ya jika orang dulu malu menggunakan kawat gigi, berbeda dengan sekarang, orang jaman sekarang banyak yang menggunakan kawat gigi untuk bergaya. Padahal penggunaan kawat ini untuk memperindah penampilan atau hanya untuk bergaya sama sekali tidak dianjurkan untuk kesehatan.

Kawat gigi tidak bisa dipasang oleh sembarang orang. Menurut ketua umum pengurus besar persatuan dokter gigi Indonesia (PB PDIGI) Drg Zaura Rini Anggriani mengatakan bahwa pemakaian kawat gigi atau behel gigi ini dapat menimbulkan berbagai efek samping jika dipasang oleh orang yang bukan ahlinya. Artinya kawat gigi harus dipasang oleh dokter gigi, akan sangat berbahaya jika kawat gigi atau behel gigi dipasang oleh tukang gigi amatir.

Bagi anda yang suka menggunakan kawat gigi atau behel gigi, perlu anda perhatikan akan bahaya dari kawat gigi tersebut, terlebih jika kawat gigi yang anda gunaka dipasang oleh sembarang orang atau bukan dokter gigi. Nah berikut beberapa bahaya kawat gigi atau behel gigi untuk kesehatan.

1. Gigi Susah dibersihkan 
Karena terhalang oleh kawat gigi atau behel membuat sisa makanan yang menempel pada gigi akan sulit diberihkan, jika hal itu trus dibiarkan tentu dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi serta mulut anda.

2. Karang Gigi
Karena keadaan gigi yang sulit dibersihkan membuat sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan sela gigi akan terus menempel hingga membusuk. Kondisi ini lama-kelamaan akan menyebabkan plak atau karang gigi, dan hal ini beresiko membuat sakit gigi juga kerusakan pada gusi.

3. Sarang Kuman
Gigi yang kotor juga berkarang akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Kuman dan bakeri akan mudah sekali terselip pada sela-sela kawat gigi. Jika anda tidak rajin menggunakan obat kumur akan menyebabkan bau mulut, terlebih keadaan gigi yang sulit dibersihkan akan menyebabkan kondisi semakin parah.

4. Alergi
Kawat gigi atau behel gigi mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kronium. Diperkirakan 30 persen dari pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tersumbat pada telinga.

5. Gangguan Pencernaan
Jika kawat gigi atau behel gigi terbuat dari material yang berkualitas rendah tentu akan sangat membahayakan. Jika materila tersebut berinteraksi dengan air liur. maka material tersebut akan membuat masalah pada sistem pencernaan.

6. Gigi Goyah
Disaat tulang yang memegang gigi berubah mengikuti kawat gigi yang mencekat gigi diatasnya akan, tentunya akan membuat gigi menjadi goyah.

7. Sariawan
Kawat gigi atau behel gigi yang terpasang pada gigi akan sering berbenturan dengan lidah maupun bibir, dan hal ini bisa menyebaban luka kecil atau sariawan. Hal juga bisa menyebabkan menularnya penyakit HIV, ya ketika mulut terluka dan melakukan ciuman, bisa jadi penyakit HIV akan menular.

Demikianlan informasi tentang bahaya kawat gigi atau behel gigi bagi kesehatan. Sebelum anda menggunakan kawat gigi, baiknya anda pikirkan terlebih dulu, apa memang anda membutuhkan kawat gigi, atau anda cuma ingin bergaya dengan menggunakan kawat gigi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: Viva

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Bahaya Penggunaan Behel Gigi"

Post a Comment

close
Banner iklan disini