Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

Orang tua kerap menginginkan perubahan yang seketika saat mendidik anak. Padahal dengan model demikian akan sering mengakibatkan tindakan kekerasan kepada sang buah hati. Berikut tips agar anak disiplin tanpa kekerasan.

Pertama, ajak anak diskusi. Jangan anggap remeh anak meskipun mereka masih kecil. Ajaklah mereka untuk berdiskusi. Diskusi ringan misalnya ketika makan atau sedang duduk menonton bersama. Katakan pada anak tentang bagaimana dan mengapa harus menaruh hormat pada orang tua dan orang lain. Juga berikan arti penting disiplin.

Kedua, jadilah teladan. Jika ingin anak menjadi disiplin, jangan bentak dan berteriak pada mereka. Karena jika orang tua membentak dan keras pada anak, maka anak akan mengikutinya. Jadilah teladan bagi anak, dengan memperlihatkan sikap yang baik, pasti anak akan mengikuti orang tua.

Ketiga, beri pilihan. Jangan terlalu mendikte anak harus ini dan itu. Berilah anak pilihan, hormati apa yang menjadi keinginannya. Dengan begitu, anak akan menghormati keputusan orang tua juga.

Jika ingin anak memiliki sikap disiplin dan rasa hormat pada orang tua maupun orang lain, tanamkan perilaku baik di rumah. Orang tua pun jangan hanya menyuruh, tapi memberikan contoh juga. Bentuk karakter anak mulai dari orang tua di rumah. Ketika anak memiliki contoh yang baik di rumah, perilakunya pun akan baik pula.


Sumber: Viva

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan"

Post a Comment

close
Banner iklan disini