Hendak Umrah? Perhatikan 10 Hal Ini

Diberikan kesempatan umroh menuju Makkah dan Madinah adalah hal yang sangat berharga. Karenanya, perhatikan sejumlah hal berikut agar perjalanan ibadah sesuai harapan.

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang dalam waktu dekat berencana melakukan perjalanan umrah ke Tanah Suci. Nah, sebelum memulai perjalanan spiritual di Mekah dan Madinah, ada baiknya mengetahui dulu 10 hal ini.
Dilansir dari Muslimmatters.org, berikut 10 hal yang perlu dipahami dan dilakukan calon jemaah sebelum memulai perjalanan ibadah umrah.

1. Pelajari tentang Umrah
Sebelum memulai perjalanan, persiapkan dulu diri Anda dengan mempelajari segala hal seputar umrah. Anda bisa membeli buku-buku referensi yang berisi panduan ibadah umrah. Pelajari pula tentang Mekah dan Madinah sebelum menginjakkan kaki di dua kota suci itu.
2. Cari partner ibadah yang baik
Jika Anda berangkat umrah dengan orang lain, pastikan mereka adalah orang-orang yang bisa menjadi 'partner ibadah' yang baik. Memiliki partner ibadah yang baik dapat membuat perjalanan umrah Anda lebih maksimal. Mereka akan memotivasi Anda untuk melakukan Tahajjud di Haram, melakukan Tawaf tambahan, membangunkan Anda ketika fajar, dan menyemangati Anda untuk melakukan berbagai hal positif selama berada di Tanah Suci.
3. Tahu aturan Ihram
Pahami segala aturan tentang Ihram. Misalnya, Anda dilarang menggunakan sabun wangi ketika Ihram. Jadi cobalah untuk mendapatkan beberapa sabun tanpa pewangi sebelum Anda pergi. Contoh lainnya, Anda tidak boleh menutupi kepala dengan kain Ihram (untuk pria). Jadi, Anda dapat mengontrol diri Anda untuk tak melakukan hal itu meski siang hari di Tanah Suci sangat panas.
4. Aturan mencukur rambut
Pada akhir Umrah, jemaah pria dan wanita dianjurkan untuk memotong rambut mereka. Pastikan tukang cukur yang Anda kunjungi menggunakan pisau sekali pakai. Pemerintah Saudi sudah memberlakukan aturan pisau sekali pakai untuk Tahalul (cukur rambut), tetapi Anda tetap harus waspada. Penggunaan pisau yang berganti-gantian antar jemaah dapat berisiko pada penularan beberapa penyakit seperti Hepatitis C.
Sementara untuk jemaah wanita, disarankan untuk tidak memotong rambut di kawasan Kabah. Tunggu sampai Anda kembali ke hotel sehingga bisa leluasa melepas hijab dan memotong rambut Anda.
5. Gunakan pelembap
Hal ini disarankan untuk para jemaah pria. Ketika Anda berada dalam keadaan Ihram, Anda tidak mengenakan apapun, bahkan pakaian dalam. Karena itu, umumnya mereka akan mengalami lecet pada beberapa lipatan tubuh. Untuk mengantisipasi hal itu, gunakanlah pelembap.
6. Kunjungi Raudah
Perlu diketahui, waktu terbaik untuk mengunjungi Raudah adalah pada waktu malam. Banyak orang berlomba-lomba untuk berdoa di tempat ini, sehingga Raudah nyaris tak pernah kosong.
Orang-orang di sekitar Madinah mengatakan, malam hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Raudah karena suasananya lebih sepi ketimbang siang hari. Beberapa jam sebelum Isya atau beberapa jam sebelum fajar adalah waktu yang paling tepat untuk berdoa di Raudah karena suasananya lebih tenang sehingga cocok untuk refleksi diri.
7. Kunjungi situs di Madinah
Waktu terbaik untuk mengunjungi situs-situs suci di Madinah adalah pagi hari, di antara terbit fajar dan Zuhur. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat seperti situs Perang Uhud dan Masjid Quba, masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Jangan lupa untuk salat 2 rakaat di Masjid Quba!
8. Komunikasi dengan orang rumah
Saat berada di Tanah Suci, jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Anda dapat mengunduh aplikasi seperti Viber atau MagicJack untuk memudahkan Anda menelepon ke rumah secara gratis dengan WiFi yang tersedia di hotel. Jika Anda menggunakan iPhone, Anda dapat menggunakan iMessaging untuk mengirim pesan ke sesama iPhone.
9. Berbincang dengan sesama jemaah
Selama melakukan umrah, sempatkan diri untuk sesekali berkenalan dan berbincang dengan jemaah-jemaah dari negara lain. Mekah dan Madinah adalah tempat berkumpulnya orang-orang dari seluruh dunia. Jadi, berada di sana adalah kesempatan emas Anda untuk bersilaturahmi dan mengikat persaudaraan dengan sesama muslim dari berbagai negara.
10. Panjatkan doa sebanyak-banyaknya
Umrah adalah perjalanan spiritual yang indah. Allah menjanjikan banyak pahala, keberkahan dan mengabulkan segala doa. Karena itu, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Buat doa sebanyak-banyaknya untuk diri sendiri, keluarga, teman, dan seluruh umat.


Sumber: Merdeka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hendak Umrah? Perhatikan 10 Hal Ini"

Post a Comment

close
Banner iklan disini