Cara Mencuci Sayur Terbebas dari Pestisida

Rasanya sangat sulit membedakan sayur yang dikembangkan dengan pestisida dan alami. Kandungan obat yang ada tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Begini cara mencuci sayuran agar steril dari zat yang membahayakan.

Selain enak, tentu kita ingin makanan yang masuk ke tubuh kita adalah makanan yang sehat. Salah satunya adalah yang bebas pestisida.
Sebaliknya, tidak bisa dipungkiri pestisida atau obat pengusir hama menjadi bagian dari sayuran atau buah-buahan yang sehari-hari kita konsumsi, karena ini mencegah mereka dimakan ulat saat ditanam. Tinggal bagaimana kita menanganinya sesaat sebelum diolah. Salah satunya lewat proses pencucian yang baik.
Dalam mencuci buah dan sayuran yang kita curigai mengandung pestisida, maka Anda harus melakukannya dengan maksimal. Berbagai cara dan bahan-bahan yang aman digunakan untuk mencuci buah dan sayuran.
Seperti dilansir Wikihow berikut panduan dalam mencuci buah dan sayuran yang kita curigai mengandung pestisida.
Direndam
Direndam dalam wastafel bersih atau baskom kecil memungkinkan seluruh buah dan sayuran kena air. Sambil direndam Anda bisa membersihkan buah dan sayuran. Jika perlu menggunakan sikat kecil untuk membersihkan permukan buah dan sayuran.
Di bawah kucuran air
Selain direndam, maksimalkan pencucian buah dan sayuran di bawah kucuran air. Biasanya ini untuk membilas buah dan sayuran yang sudah dibersihkan di rendaman.
Dengan air hangat atau air matang
Mencuci buah dan sayuran dengan air hangat juga sangat membantu untuk menghilangkan pestisida yang mungkin masih menempel pada kulit. Air hangat juga cocok dipakai jika buah dan sayuran yang Anda cuci akan langsung dimakan tanpa proses pemasakan terlebih dahulu.
Gunakan air yang sudah dicampur garam
Air garam juga membantu menghilangkan pestisida. Rendam buah dan sayuran dalam air dengan 1-2 sendok teh garam selama 5 menit. Kemudian bilas untuk membersihkan garamnya.
Gunakan air yang sudah dicampur cuka
Sama halnya dengan garam, cuka juga efektif untuk menghilangkan pestisida dalam kulit buat dan sayuran. Gunakan setengah cangkir cuka untuk setiap dua gelas air. Rendam buah dan sayuran selama 5-15 menit. Kemudian bilas.
Gunakan sabun khusus pembersih buah dan sayuran
Jika tidak mau repot membuat ramuan air garam atau air cuka, Anda bisa membeli sabun yang khusus diperuntukan untuk mencuci buah dan sayuran. Ini aman untuk bahan makanan.
Sumber: Okezone


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencuci Sayur Terbebas dari Pestisida"

Post a Comment

close
Banner iklan disini