BlackBerry Gratiskan Sejumlah Layanan

Sadar dengan kian terdesak oleh beberapa pesaing, layanan pesan instan BlackBerry Messenger kini digratiskan. Ini tentu demi menggaet pelanggan yang semakin tergerus pesaing.

Fitur yang digratiskan adalah privasi yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh pelanggan berbayar, yaitu "Retract" dan "Timer".
Fitur "Retract" berguna untuk menarik pesan yang terlanjur dikirim. Sementara, "Timer" berguna untuk membatasi beredarnya pesan, mirip fungsi dari aplikasi Telegram atau Snapchat.

"Rilis baru ini memberikan privasi lebih dan kontrol kepada pengguna BBM tanpa harus berlangganan," kata Matthew Talbot, Senior Vice President BlackBerry, seperti dikutip KompasTekno dari blog BlackBerry, Selasa (5 April 2016).

Selain fitur "Retract" dan "Timer", pengguna BBM juga bisa mengakses fitur "Private Chat" dan "Edit".
Fitur "Private Chat" membuat nama dan avatar tidak muncul di percakapan. Sedangkan, "Edit" berguna utnuk meng-edit teks yang telah dikirim.

Pembaruan lain yang diberikan BlackBerry adalah meneruskan pesan(Forward message) dan peningkatan performa, termasuk perbaikan bug. 

Fitur-fitur privacy yang disebutkan di atas sebenarnya sudah tersedia sejak Oktober 2014 lalu. Namun, fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh pelanggan berbayar BlackBerry Messenger.
Dengan memberikan fitur-fitur berbayar menjadi gratis, mampukah BlackBerry mencegah pengguna setianya beralih ke platform messaging lain yang semakin diminati, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Snapchat?

Sumber: Kompas


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BlackBerry Gratiskan Sejumlah Layanan"

Post a Comment

close
Banner iklan disini