Wasapada Saat Mata Alami Kedutan

Oleh sebagian besar orang, kedutan sering dianggap hal “sepele”. Padahal, hal tersebut sebagai reaksi atas suasana kesehatan mata yang sedang bermasalah. Ini dia penjelasannya.

Pernah mengalami kedutan? Jauh dari mitos jika kedutan sebagai tanda sedang dibicarakan orang lain, gerakan reflek pada mata ini justru terjadi karena ada alasannya. Kendati hanya terjadi selama beberapa detik, ada faktor kesehatan mata yang mempengaruhinya.
Menurut Riani Susanto, ND, CT, seorang pakar naturopati, menjelaskan bila terjadinya kedutan diakibatkan karena kontraksi otot yang tak terkontrol. Lebih lanjut, kedutan mata juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, trauma fisik, atau infeksi.

Secara umum, kedutan bukanlah hal yang serius untuk kesehatan mata. Namun, bila terjadi berulang-ulang dan dalam tempo yang cukup sering, bisa jadi hal tersebut sebagai tanda terjadinya gangguan saraf.

Adapun salah satu faktor yang kerap menyebabkan kedutan adalah stres. Jika terlalu sibuk atau tegang dalam menghadapi sebuah pekerjaan, maka orang tersebut akan lebih rentan mengalami kedutan. Terlebih bagi yang kerjanya di depan layar. Mata yang terlalu fokus pada satu titik, seperti layar komputer, dapat memicu terjadinya stres pada penglihatan.

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan kedutan adalah lelah. Biasanya kedutan ini akan terjadi saat mata dipaksa bekerja terlalu lama. Terlebih saat jam lembur malam hari. Jika sudah begitu, kedutan pun tak bisa dihindarkan, sebagai indikasi mata lelah dan butuh untuk diistirahatkan.
Segera matikan layar komputer, kemudian tetesi mata dengan obat tetes mata terbaik. Salah satunya yang dapat dipilih adalah Braito Tears. Obat tetes mata ini dapat berfungsi sebagai air mata buatan, sehingga dapat membantu mengembalikan kesegaran dan kesehatan mata akibat terlalu lelah menghadap ke layar komputer. Teteskan 1-2 tetes pada kedua mata.

Jika intensitas kedutan tersebut terus berlanjut meski sudah diberikan tetes mata, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter mata terdekat.


Sumber: Merdeka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wasapada Saat Mata Alami Kedutan"

Post a Comment

close
Banner iklan disini