Tanaman Penghisap Racun Asap Rokok

Kehadiran anggota keluarga atau tamu di rumah, tentu membawa keceriaan. Namun saat mereka merokok, ada banyak racun yang disebar. Tanaman berikut mampu menetralisir racun rokok.

Seperti diketahui, asap rokok sangat berbahaya bagi tubuh kita. Apabila ada salah satu anggota keluarga atau tamu yang merokok, bahaya asap rokok akan mengintai Anda.

Namun tidak perlu khawatir karena ada cara mudah dan ampuh, yaitu menempatkan tanaman berikut ini di rumah.

1. Bunga Lili
Bunga lili dengan jenis peace lily dikenal paling efektif dalam menyerap dan menetralisasi senyawa benzena yang ada dalam asap rokok. Bunga cantik ini dapat ditempatkan di dalam ruangan seluas 9-10 meter persegi untuk menjadi penawar racun dari asap rokok.

Tidak hanya itu, bunga lili juga akan sangat cocok jika diletakkan di dalam ruang kerja yang ada di rumah maupun kantor. Hal ini tentunya karena bunga lili dapat meminimalkan bahaya dari alkohol, aseton, trikloro, dan formaldehida yang dapat ditemukan pada alat tulis kantor.

2. Sirih Belanda
Tanaman yang satu ini lebih unggul jika dibandingkan dengan bunga lili. Mengapa? Tak hanya senyawa benzena, tanaman sirih belanda juga mampu menyerap senyawa formaldehida. Berdasarkan penelitian, tanaman ini dapat menyerap sekitar 50 persen masing-masing kandungan dua senyawa tersebut.

Selain menyerap racun rokok, sirih belanda juga mampu menyerap karbon monoksida sebesar 75 persen. Penempatannya sendiri bisa di mana saja karena bentuknya unik yang memungkinkan tanaman ini ditempatkan di dalam atau luar rumah.

3. Lidah Mertua
Tanaman yang satu ini memang sering dijadikan sebagai hiasan interior rumah. Namun, tahukah Anda, ternyata tanaman cantik ini mampu menyerap 107 unsur polutan di udara, termasuk senyawa formaldehida dalam asap rokok. Tak hanya itu, lidah mertua pun mampu menyerap radiasi dari peralatan elektronik.

4. Pakis Boston
Senyawa xylene dalam asap rokok dapat diserap stomata dari tanaman yang satu ini. Nantinya senyawa tersebut masuk ke dalam sistem metabolisme pakis boston, lalu diubah menjadi zat bermanfaat. Anda pun dapat menempatkan dua pot pakis boston di dalam ruangan seluas 30 meter persegi.

5. Gerbera
Bunga yang satu ini sangat tidak asing untuk dijadikan hiasan rumah. Ternyata, di balik bentuknya yang cantik, gerbera mampu menyerap 90 persen asap rokok dan gas polutan lainnya. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menghasilkan uap air yang dapat membuat udara di ruangan menjadi semakin segar.

6. Sri Rejeki
Aneh mendengar namanya? Jangan salah. Tanaman yang berasal dari suku talas-talasan ini mampu menghadang polutan yang ada di rumah, termasuk asap rokok dan mikroorganisme lain. Untuk hasil maksimal, pilihlah tanaman sri rejeki berdaun minimal 14 helai dan sertakan lidah mertua dewasa minimal berdaun lima helai.

Dua tanaman ini akan menggantikan fungsi air purifier untuk menetralkan kandungan bahan berbahaya.

7. Palem Kuning
Siapa sangka ternyata tanaman palem kuning mampu menyerap berbagai jenis racun jika dibandingkan dengan tanaman lain. Ya, berbagai senyawa, seperti trikloroetin, formaldehida, benzena, karbon monoksida, xylene, dan juga amonia, dapat diserap tanaman ini.

Tertarik memilikinya? Nah, tunggu apa lagi? Ayo hiasi semua sudut rumah Anda dengan berbagai tanaman di atas!

Sumber: Tempo

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tanaman Penghisap Racun Asap Rokok"

  1. Hi are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you need any coding knowledge to make your own blog? Any help would be greatly appreciated! Online Headshop

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini