Prestasi Matematika Anak Buruk? Orang Tua Harus Introspeksi

Jangan hanya karena menjadi orang tua, seluruh kesalahan ditumpahkan kepada anak. Tidak sedikit buruknya prestasi anak, disebabkan kesalahan orang tua. Termasuk rendahnya daya serap kepada pelajaran matematika.

Sebuah studi dalam jurnal Psychological Science yang dilakukan oleh Univerisity of Chicago menemukan bahwa orangtua yang buruk dalam ilmu berhitung dan matematika bisa menularkan energi buruk pada anak.
Orangtua yang tidak terlalu cemerlang dalam matematika, biasanya merasa panik ketika harus mengajarkan anak pelajaran tersebut.
Ternyata, menurut studi, rasa panik dan gelisah itu bisa menular pada anak sehingga menciptakan ketakutan serupa pada matematika.
Peneliti yang dipimpin oleh Erin A. Maloney, mengatakana bahwa orangtua yang punya rasa panik pada pelajaran matematika, lebih baik meminta pertolongan pada guru untuk lebih intens mengajarkan matematika pada anak.
Maloney mengupayakan bahwa orangtua harus jujur pada guru anak di sekolah.
Selain itu, guru juga bisa memberikan alternatif lain, seperti mengikutsertakan anak untuk les matematika di luar jam sekolah.
Namun, bukan berarti orangtua lepas tangan begitu saja, Anda harus tetap mengevaluasi dan mengawasi kemampuan berhitung si kecil.
Maloney yang melakukan penelitian terhadap 400 pelajar yang duduk di kelas satu dan dua sekolah dasar, menemukan bahwa rasa takut serta gelisah pada anak mengenai matematika, didapatkan dari orangtua.
Peneliti juga mempelajari perilaku orangtua saat harus mengajarkan anak menyelesaikan tugas matematika.
Hasilnya, anak yang memiliki orangtua kurang mampu menyelesaikan pelajaran matematika, juga memperlihatkan kondisi serupa.
Terakhir, peneliti menilai kegelisahan orangtua pada bidang pelajaran yang mereka tidak kuasai, menular dan menurun pada anak, jika mereka memperlihatkannya di depan anak-anak.

Sumber: Kompas


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prestasi Matematika Anak Buruk? Orang Tua Harus Introspeksi"

Post a Comment

close
Banner iklan disini