Tugas Berat Arumi Bachsin Jadi Bunda PAUD Trenggalek

Usai sang suami terpilih sebagai Bupati Trenggalek, kesibukan berbeda harus diemban Arumi Bachsin. Kini ia disibukkan dengan berbagai kegiatan sebagai istri dari Bupati Trenggalek Emil Dardak. Salah satunya ialah aktif dalam kegiatan pendidikan anak usia dini (PAUD). Dirinya didaulat sebagai Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek.

Kepada merdeka.com, Ia bercerita bagaimana upaya dirinya untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah kerja suaminya tersebut. Salah satunya ialah dengan meningkatkan kesejahteraan untuk seluruh komponen PAUD.

Kesejahteraan, kata dia, memiliki arti luas dan tidak hanya masalah pendapatan tenaga pendidik. Karena, terkadang yang dibutuhkan mereka ialah sebuah perhatian dan apresiasi dari pemerintah atas kerja keras yang telah dilakukan.

"Kesejahteraan itu luas, bisa finansial, bisa berupa fisik PAUD. Ada yang tidak bicara finansial dan fisik PAUD sudah baik, tetapi mereka memerlukan apresiasi, ada juga akreditasi," ujarnya di sela acara focus group discussion terkait upaya pengoptimalan undang-undang desa dengan pelayanan PAUD di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (26/5).

Menurutnya, cara itu lah yang paling dasar dilakukan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, selain tetap terus berupaya meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik PAUD untuk sektor pendapatan. "Kalau untuk kesejahteraan, kita berupaya terus lah. Pokoknya prinsip kami bagaimana membuat guru itu bahagia," terangnya.

Kabupaten Trenggalek sendiri, lanjut Arumi, telah menganggarkan lebih dari Rp 5 miliar untuk peningkatan kualitas PAUD di wilayah itu. Jumlah ini jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 2 miliar.

"Hari demi hari kesejahteraan kita tingkatkan terus. Pemerintah Kabupaten Trenggalek memperhatikan insentif pendidik, pelatihan, dan juga pelaksanaan gebyar PAUD-nya," jelas wanita kelahiran 19 Februari 1994 ini.

Terakhir, Arumi menyampaikan, langkah yang dilakukan dirinya bersama Emil Dardak dan Pemerintah Kabupaten Trenggalek ialah bagian dari wujud nyata bahwa pendidikan PAUD penting untuk mendapatkan perhatian, demi pembentukan karakter seorang anak.

"Itu salah satu pembuktian kami bahwa PAUD bukan hanya di mulut tapi memang penting. Pak Bupati ngomong soal isu ini nyambung, karena anak kita juga usia itu, jadi semakin penting untuk ini," tuntasnya.



Sumber: Merdeka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Berat Arumi Bachsin Jadi Bunda PAUD Trenggalek"

Post a Comment

close
Banner iklan disini