Pasca Long Weekend, Lakukan Pengecekan Roda Mobil

Usai liburan panjang, ada baiknya melakukan pengecekan terhadap performa mobil anda. Berikut sejumlah hal yang layak diperhatikan setelah menempuh perjalanan panjang.

Setelah menempuh perjalanan panjang di musim liburan kemarin, pemeriksaan kendaraan wajib dilakukan bagi para pemilik mobil. Selain mesin, sektor roda dan kaki-kaki menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Terlebih jika pengemudi memiliki kebiasaan saat macet melakukan aksi potong jalur melewati bahu jalan yang bergelombang dan bebatuan, ataupun sering menghantam jalan berlobang karena minimnya penerangan di beberapa jalur luar kota. Hal ini bisa mengganggu kinerja sektor kaki-kaki pada mobil.

Menurut Agus, mekanik Mirza Autocare, seringnya pengemudi ambil bahu jalan rusak di saat macet, ataupun menghantam lubang karena minimnya penerangan bisa merubah setingan pada roda mobil
Untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan pada bagian kaki-kaki dan roda, ada cara mudah yang bisa dilakukan pemilik mobil yakni melalui cara mengemudikan mobil dengan beberapa kecepatan sedang dan kencang.

"Saat mobil dibawa pada kecepatan tertentu timbul getaran pada stir kemudi, disebabkan putaran roda tidak seimbang satu sama lain. Oleh karenanya perlu dilakukan balancing," jelas Agus, kepada Okezone.

Ia menambahkan, selain itu cek juga kondisi roda depan, dengan cara mengemudikannya dengan kecepatan rendah. Jika arah mobil tidak sesuai dengan stir maka kerja kedua roda depan tidak selaras akibat setelan berubah yang bisa diakibatkan seringnya menghantam lubang ataupun melewati jalan rusak. Segera lakukan spooring jika kondisi seperti ini telah ditemukan.

Jika kondisi ini terus didiamkan, dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan penumpang dan pengendara. Selain itu perangkat chamber sebagai pengatur sudut kemiringan ban dan Caster yang mengatur maju mundur roda akan rusak.

Perlu diingat lakukan spooring dan balancing di bengkel resmi atau langganan yang memiliki fasilitas lengkap. Jangan asal pilih bengkel yang dikhawatirkan malah menambah budget perawatan akibat salah vonis kerusakan mobil.


Sumber: Okezone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pasca Long Weekend, Lakukan Pengecekan Roda Mobil"

Post a Comment

close
Banner iklan disini