Mahasiswa UB Ciptakan Losion Antikanker

Sejumlah prestasi ditorehkan anak muda Tanah Air. Baru saja, tiga mahasiswa Universitas Brawijaya Malang mampu berinovasi dengan menciptakan losion antikanker. Sungguh membanggakan.

Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan formulasi losion antikanker sebagai pelindung dari dampak sinar UV matahari yang berlebihan. Losion yang diberi nama Azala Hand & Body Lotion itu bahkan meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang 27th Asian Young Inventors Exhibition (AYIE) 2016 di Malaysia.
Tim Azala yang digawangi oleh Sofia Afifah A, Yuyun Drupadi AA, dan Indra Barani itu terinspirasi membuat losion antikanker lantaran sebagai negara tropis, paparan sinar matahari di Indonesia sangat tinggi. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan kulit kering dan kanker kulit.
"Kami memanfaatkan antioksidan kulit buah manggis untuk menangkal radikal bebas. Bahan ini dapat menghilangkan sel kulit mati dan dikenal sebagai antikanker," ujar ketua tim Azala, Sofia, dinukil dari laman UB, beberapa waktu berselang.
Dia menjelaskan, selain manggis, produksi Azala Hand & Body Lotion memanfaatkan bahan-bahan lokal dan alami, seperti ekstrak aloevera, minyak sereh, dan minyak zaitun. Menurut dia, proses pembuatan produk ini membutuhkan waktu cukup lama. Sebab, untuk mengambil ekstrak kulit manggis saja dibutuhkan waktu sehari penuh.
"Sebelumnya manggis dikenal hanya untuk obat yang dikonsumsi melalui mulut. Sekarang kami membuat produk dari manggis untuk proteksi di bagian luar tubuh. Ada pun satu kilogram buah manggis dapat menghasilkan 250 gram ekstrak manggis," terangnya.
Azala Hand & Body Lotion dibandrol dengan harga Rp15 ribu per botol dengan ukuran 150 mililiter. Saat ini, produk tersebut sedang dalam proses untuk mendapatkan paten.
"Karena produk kami memakai bahan-bahan alami, maka masa pakainya terbatas. Di kisaran satu bulan," imbuh anggota tim, Indra.
Hingga saat ini Tim Azala terus melakukan riset agar masa pakai Azala Hand & Body Lotion bisa berlangsung lebih lama. Setidaknya sudah ada dua perusahaan dari luar negeri tertarik untuk merintis kerjasama dengan Indra dan teman-temannya.
"Menurut mereka produk kami bagus. Namun mereka meminta kami melakukan riset agar produk memiliki masa pakai yang lebih lama. Ini yang sedang kami upayakan," tandasnya.

Sumber: Okezone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa UB Ciptakan Losion Antikanker"

Post a Comment

close
Banner iklan disini