Hindari Gonta-ganti Losion Agar Terhindar dari Penyakit Kanker

Tanyakan sesuatu kepada ahlinya. Demikian peringatan yang kerap kita dengar. Termasuk mereka yang gemar berganti losion. Karena kalau tidak hati-hati justru akan mengalami infeksi bahkan hingga kanker. 

Orang-orang yang memutuskan untuk menghindari produk losion, salep, dan produk kulit lainnya yang tidak terdaftar lebih mungkin untuk menghindari terjadinya infeksi kulit dan efek kanker yang lebih buruk.

Para Peneliti Utah menyurvei penggunaan losion dan salep yang tak terdaftar dan menemukan bahwa sebagian besar produk mengandung seng klorida dan sanguinarine, dua bahan korosif yang dapat merusak kulit, tulis tim peneliti dalam Journal of American Academy of Dermatology.

Losion tak terdaftar secara luas menyebar secara online, disebut-sebut sebagai cara untuk menghindari atau bahkan mengobati kanker kulit atau mengurangi jaringan parut akibat operasi.

Walau bisa menyebabkan lesi memudar, penulis menjelaskan, kanker bisa tumbuh dalam kulit dan tak terlihat, tidak terdiagnosis, sehingga berpotensi mengancam nyawa.

"Orang-orang yang menggunakan losion tak terdaftar sebagian besar tidak menyadari seberapa serius efek sampingnya," kata penulis senior Dr Mark Eliason dari University of Utah di Salt Lake City.

Lynne McFarland, seorang peneliti di U.S. Department of Veterans Affairs yang tak terlibat dalam penelitian mencatat, banyak orang sering beralih ke produk yang dijual di internet tanpa mendapatkan nasihat medis yang valid.

Ia menyarankan, bila berhubungan dengan kesehatan kulit, seperti munculnya penggelapan yang tak biasa, munculnya bintik hitam, atau jaringan parut yang meluas pasca operasi, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung pada ahli kulit untuk mendapatkan produk yang tepat. Ini bisa menghindari Anda dari kemungkinan tumbuhnya kanker kulit yang parah.

Sumber: Kompas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari Gonta-ganti Losion Agar Terhindar dari Penyakit Kanker"

Post a Comment

close
Banner iklan disini