Hindari Kebiasaan Memencet Jerawat

Kehadiran jerawat di bagian wajah cukup menggangu penampilan. Tidak sedikit remaja yang terpaksa memencet “makhluk” menjengkelkan tersebut agar segera sirna. Tapi tahukan bahwa melakukan hal tersebut ternyata berbahaya.

Ya, karena kemunculan jerawat di wajah bisa bikin seseorang tak percaya diri. Belum lagi kondisi jerawat yang makin besar dan dianggap 'matang' kerap membuat orang merasa gemas untuk memencetnya.

Namun, sebaiknya jangan nekat memencet jerawat sendiri ya. Diungkapkan dr Radityo Anugrah SpKK dari Bamed Skin Care, pada prinsipnya jerawat memang harus dikeluarkan. Baik dengan dikeluarkan secara manual atau dibuang secara kimiawi dengan peeling kimiawi. 

"Intinya jerawat itu harus dievakuasi dari muka. Nah, yang kita lakukan saat mengevakuasi jerawat itu adalah meminimalisir bekasnya. Tindakan yang tidak steril, tidak benar, itu bikin jerawat tidak keluar sempurna dan dampaknya ya jerawatnya muncul lagi. Kalau terlalu dipaksa, terjadi luka dan bisa bikin bopeng," terang dr Radit.

Hal itu ia sampaikan usai temu media di Hotel 101 Sedayu Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2016). Untuk itu, dr Radit tidak menyarankan orang nekat memencet-mencet alias mengeluarkan jerawat sendiri di rumah.

Ia menambahkan, jerawat yang muncul intinya harus diberi jalan keluar karena bagaimanapun munculnya jerawat berarti ada sesuatu yang menyumbat pori-pori. Menurut dr Radit, memang terkadang jerawat agak susah dikeluarkan sehingga harus dipaksa. Tapi, untuk memaksanya keluar pun ada cara tertentu yang mesti dilakukan oleh orang yang kompeten.


"Tidak ada teknik yang harus dilakukan oleh orang di rumah untuk membuka jalan jerawat itu karena nggak steril alatnya. Ingat pula jerawat itu kalau sudah dikeluarkan bisa menimbulkan luka. Dan kalau nggak bersih bakteri yang ada di kulit bisa masuk. Akibatnya bisa timbul penyakit, misal yang tadinya jerawatan jadi bisulan," tutur dr Radit.

Ia menambahkan, semua jerawat pasti meninggalkan bekas, minimal bekas berwarna cokelat. Pada jerawat yang meradang terlalu lama, bisa muncul jerawat berwarna merah dan timbul jendolan. Bekas jerawat yang seperti itu dikatakan dr Radit nantinya berwarna makin gelap dan ada luka yang lebih dalam. 


Sumber: Detik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari Kebiasaan Memencet Jerawat"

Post a Comment

close
Banner iklan disini