Sadiq Khan Menjadi Walikota London Muslim Pertama

I
Ini peristiwa langka. Sadiq Khan berhasil meyakinkan masyarakat London sehngga terpilih sebagai walikota pertama dari kalangan muslim. Melewati sejumlah aral dan khidmat yang tiada kenal lelah, akhirnya jabatan bergengsi diraihnya.
.
Kemenangan Sadiq Khan kandidat asal Partai Buruh sebagai seorang Wali Kota London yang baru menggantikan Boris Johnson menjadi kontroversial, lantaran dia adalah seorang muslim. Berangkat dari kelompok minoritas, Khan terlahir dari keluarga imigran Pakistan.
Bersama tujuh saudara kandung, Khan tumbuh dari sebuah kota kecil di London Selatan, Tooting. Sang ayah bekerja sebagai sopir bus dan sang ibu berprofesi sebagai penjahit ini menyokong pendidikan putranya hingga masuk jurusan hukum di Universitas London Utara.
Setelah lulus, Khan mengawali karir sebagai seorang pengacara bidang Hak Asasi Manusia. Memasuki karir politik, Khan yang sudah terjun sebagai anggota Partai Buruh sejak usia 15 tahun, pernah menjabat sebagai anggota majelis di Wandsworth, dimana daerah tersebut dikuasai oleh partai rival, Konservatif.
Dalam sepak terjangnya, Khan acap kali dipercaya pegang jabatan sekelas menteri. Contoh di tahun 2008, Perdana Menteri Gordon Brown memberi Khan jabatan menteri transportasi London untuk tahun 2009 dan 2010.
Khan semakin meroket, memiliki keinginan tulus bagi tiap warga London agar bisa memiliki rumah yang layak, pekerjaan yang patut, dan udara lebih bersih, pria 45 tahun ini berhasil meraup 57 persen dukungan, mengalahkan rival terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif yang cuma memperoleh 43 persen suara dalam pemilihan umum yang dihelat Jumat (6/5).
Tentu kemenangan tersebut diraihnya dengan cara yang tidak sederhana. Kampanye hitam dari sang rival kerap menyudutkan posisinya di mata masyarakat London.
"Tim sukses Goldsmith mempermasalahkan latar belakang Khan sebagai muslim. Dia (Khan) dituding tak akan cukup mumpuni mengatasi kemungkinan teror di London karena bersimpati pada Islam garis keras," seperti dikutip dari laman the Telegraph.
Khan yang memilih diam dan fokus pada janji kampanyenya, terkait perbaikan infrastruktur, pembangunan rumah murah, serta revitalisasi transportasi umum, malah mendulang hasil fantastis.
"Pemilu ini tidak akan terjadi tanpa kontroversi, saya bangga akan masyarakat London yang memiliki harapan ketimbang kecemasan, kesatuan ditiap bagian," pungkas Khan, seperti dikutip Wall Street Journal.
Dengan perolehan jumlah suara mencapai 1,3 juta suara berbanding 994,614 suara,
Goldsmith mengaku kecewa dan mengakui keperkasaan Khan. Namun begitu, dia tetap memberi ucapan selamat kepada sang rival.

Sumber: Merdeka


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sadiq Khan Menjadi Walikota London Muslim Pertama "

Post a Comment

close
Banner iklan disini