Mbah Karep, Penderita Kanker Kulit yang Mendapat Kunjungan Mensos

Berkat media sosial, kakek sebatang kara ini akhirnya mendapat perhatian dari sejumlah pejabat. Bahkan Menteri Sosial berkenan hadir dan memberikan sejumlah bantuan kepada Karep, penderita kanker kulit.

Kondisi Mbah Karep, warga Dusun Jati Sari, Desa Mojowuku, Kecamatan Kedamean, Gresik, Jawa Timur, yang mengidap kanker kulit di bagian wajah membuat Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa terharu.
Dalam kunjungannya ke gubuk reyot berukuran 2,5 meter x 2,5 meter milik Mbah Karep, Sabtu (25/6/2016), Khofifah menitikkan air mata melihat kakek berusia 65 tahun tersebut.
“Saya merasa kasihan dengan penderitaan Mbah Karep, karena penyakit yang dialami merupakan ujian yang luar biasa. Saya berdoa, semoga Mbah Karep mendapat ketabahan dalam menjalaninya,” ungkap Khofifah, Sabtu (25/6/2016).

Dia pun sempat berdialog singkat dengan Mbah Karep di sela-sela kunjungannya, serta tidak merasa risih akan penyakit kanker kulit yang dialami sang kakek, yang membuat wajah Mbah Karep hampir tidak berbentuk lagi.
“Yang sabar ya Mbah, semua ujian ini datangnya dari Allah SWT. Saya berdoa, Mbah Karep tetap tabah dan sabar dalam menjalaninya. Saya juga mendoakan, moga-moga Mbah Karep tetap diberikan kesembuhan oleh Allah SWT,” tutur Khofifah kepada Karep sambil menitikkan air matanya.
Enggeh bu, matur suwun sampun didunga’aken. (Iya bu, terima kasih saya sudah didoakan),” jawab Mbah Karep dengan terbata-bata.
Sejumlah orang yang menyaksikannya juga sempat menitikkan air mata.
Dalam kunjungannya, Khofifah meminta kepada semua yang hadir dan menyaksikan, termasuk para petinggi di institusi terkait di lingkup Pemerintahan Kabupaten Gresik maupun Provinsi Jawa Timur, untuk lebih memperhatikan dan mengawasi nasib Mbah Karep, yang kini hidup sebatang kara di gubuk reyotnya.
“Saya juga meminta kepada dinas-dinas terkait, untuk memperhatikan nasib Mbah Karep. Karena bagaimanapun, Mbah Karep juga warga negara Indonesia, yang juga memiliki hak sama seperti masyarakat lainnya,” ujar Khofifah.
Melalui dinas terkait yang ada di Jawa Timur dan Gresik, Kementerian Sosial juga akan membantu dan memfasilitasi kelanjutan hidup Mbah Karep. Baik dari segi pengobatan maupun kecukupan biaya kehidupan.
“Alhamdulillah, untuk pengobatan Dinas Kesehatan Jawa Timur sudah berjanji akan melakukan perawatan penyakit yang diderita Mbah Karep. Sementara untuk keperluan hidup sehari-hari, Pemkab Gresik juga sudah menyatakan, bakal mengcover seluruh kebutuhannya. Dan Kementerian Sosial, juga akan membantu memfasilitasinya,” tutup Khofifah.
Dia juga sempat menuturkan, sebelumnya Mbah Karep juga sudah sempat dirawat oleh tim dari Dinas Kesehatan Jawa Timur di salah satu rumah sakit yang ada di Surabaya. Ia pun hendak dititipkan di Panti Lanjut Usia yang ada di Surabaya. Namun Mbah Karep menolak dan memilih hidup di gubuk reyot miliknya.
Sebelumnya, kisah Mbah Karep diunggah oleh pemilik akun Facebook, Andi Teposs, Kamis (23/6/2016) pukul 07.17. Cerita ini mendapat respons luas dari para netizen. Dalam sekejap, postingan Andi menjadi viral dan sudah dibagikan 14.695 kali dan dan mendapat 8.200 like.

Sumber: Kompas


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mbah Karep, Penderita Kanker Kulit yang Mendapat Kunjungan Mensos"

Post a Comment

close
Banner iklan disini