Agar Sukses Turunkan Berat Badan Saat Puasa

Puasa pada bulan Ramadan merupakan momentum yang tepat untuk membuat tubuh lebih sehat sekaligus menurunkan berat badan berlebih.

Jika ingin mendapat manfaat sehat saat berpuasa, sahurlah dengan makanan bergizi seimbang. Saat berbuka puasa pun jangan dijadikan ajang balas dendam untuk makan sepuasnya.
Berikut 7 kiat menurunkan berat badan pada bulan Ramadan seperti dikutip dari Boldsky.com:

1. Hindari Makanan berlemak Tinggi
Asupan makanan sangat memengaruhi penurunan berat badan. Pastikan sahur dengan menu yang sehat dan bergizi seimbang. Hindari makanan yang terlalu pedas, makanan berminyak, atau gorengan yang mengandung tinggi lemak. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan.

2. Harus Makan Sahur
Ingin menurunkan berat badan bukan berarti melewatkan makan sahur untuk stamina selama 12 jam berpuasa dan tubuh tetap berenergi. Melewatkan makan sahur justru bisa memperlambat metabolisme dan menurunkan pembakaran lemak tubuh.

3. Jangan Kurang Cairan
Pastikan saat puasa tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsilah banyak air putih dan jus buah. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, metabolisme tubuh juga lebih baik sehingga membantu dengan penurunan berat badan.

4. Tinggi Serat dan Protein
Konsumsilah makanan yang tinggi serat dan protein, terutama saat berbuka puasa. Protein, lemak sehat, dan serat dapat membantu proses metabolisme tubuh sepanjang malam untuk membakar kalori. Saat sahur pun sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat dan protein yang membuat rasa kenyang lebih lama.

5. Lakukan Aktivitas Fisik
Puasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan meski tubuh kadang terasa lemas. Lakukan aktivitas fisik mulai dari yang ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, sit up, dan squat. Kombinasi asupan makan sehat dan aktivitas fisik bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

6. Kurangi Makanan Manis
Melihat makanan manis atau tinggi gula memang menggiurkan. Barangkali Anda sulit menghindari makanan manis yang lezat itu. Namun ingat, jika ingin menurunkan berat badan, hindari makanan tinggi gula. Jika Anda ingin lebih sehat, lebih baik konsumsi buah-buahan atau jus yang memberikan rasa manis alami.

7. Tahan Nafsu Makan Berlebih
Hidangan berbuka puasa hingga Lebaran tiba biasanya penuh dengan makanan lezat. Kendalikan nafsu makan Anda. Jangan makan berlebihan dan ingat kembali niat untuk menurunkan berat badan yang menyehatkan.


Sumber: Kompas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Sukses Turunkan Berat Badan Saat Puasa"

Post a Comment

close
Banner iklan disini