Aplikasi Ini Harus Dimiliki Ketika Mudik

Pastikan mudik kali ini aman dan nyaman. Dan salah satu yang harus dipersiapkan adalah sejumlah aplikasi di smartphone yang mendukung kelancaran mudik. Apa saja? Berikut ulasannya.

Arus mudik sebentar lagi diprediksi akan mulai terjadi. Minggu ini, kantor-kantor di Ibu Kota akan mulai libur, para pekerja pun siap pulang ke kampung halaman menemui orang-orang yang dicintai.

Saat ini mudik dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman dengan bantuan aplikasi di smartphone. Selain aplikasi peta seperti Waze dan Google Map, beberapa pihak pun sengaja meluncurkan aplikasi serupa dengan beragam fitur unggulan.

Beberapa aplikasi ini bisa dibagi dalam beberapa kategori. Misalnya aplikasi peta atau navigasi, aplikasi pemantau kepadatan jalur mudik, aplikasi pemesanan tiket, serta aplikasi layanan bengkel. Berikut beberapa aplikasi tersebut.

Aplikasi peta atau navigasi

Aplikasi-aplikasi ini berguna bagi Anda yang ingin pergi mudik menggunakan kendaraan pribadi. Dengan peta ini, Anda bisa mengetahui jalur-jalur alternatif mana saja yang tersedia. Beberapa aplikasi yang dimaksud adalah Waze dan Google Maps.
Pemantau kepadatan jalur mudik

Pemilihan rute mudik juga bisa dilakukan sedari awal, dengan memantau terlebih dulu jalur-jalur mana saja yang ada. Ini bisa dilakukan dengan menonton televisi, serta mengunduh aplikasi seperti iBOLZ NTMC TV dan LewatMana.

NTMC TV yang khusus disediakan oleh Korps Lalu Lintas Polri misalnya, dapat membuat pemudik mengakses CCCTV di jalan secara real time melalui smartphone. Jangkauan aplikasi ini dari mulai Sumatera Selatan, Jawa Barat, Tengah, dan Timur, hingga Bali.

Pemesanan tiket

Nah aplikasi ini cocok untuk Anda yang memilih mudik menggunakan transportasi umum. Traveloka misalnya, memungkinkan Anda membeli tiket pesawat secara online.Sementara aplikasi Tiket bisa digunakan untuk mencari tiket kereta api atau mobil rental.

Layanan bengkel dan posko

Biasanya aplikasi ini disediakan khusus oleh merek-merek kendaraan bermotor. PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang misalnya, meluncurkan aplikasi Wahana Honda Smart Community untuk pengguna Android. Layanan daruruat di jalan adalah salah satu fitur unggulannya.

Sementara dari roda empat, ada Toyota-Astra Motor (TAM) yang memperkenalkan aplikasi Teman Mudik Lebaran. Dengan peta digital, pengguna dapat mengetahui lokasi posko mudik atau bengkel siaga Toyota yang beroperasi selama 24 jam.

Ada pula aplikasi Suzuki Peduli MudikDengan peta yang ada di sini, pengguna dapat melihat lokasi bengkel siaga atau posko mudik. Mereka juga dapat meminta bantuan kepada bengkel terdekat kalau-kalau kendaraannya bermasalah.

Sumber: Liputan6


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Ini Harus Dimiliki Ketika Mudik"

Post a Comment

close
Banner iklan disini