Ayo Daftar! Masih Ada 8 Ribu Kursi Mudik Gratis Pengguna Motor

Untuk mereka yang akan mudik dengan menggunakan motor, bisa memanfaatkan jasa gratis ini. Baik saat pulang ke kempung halaman hingga balik ke Jakarta bisa terangkut tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Kementerian Perhubungan tengah mengungkapkan, program mudik gratis untuk pengguna sepeda motor masih tersedia. Apalagi, Kemenhub menyiapkan dana Rp20 miliar untuk program mudik gratis pengguna motor pada Lebaran 2016.
Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, dengan anggaran sebesar itu, pihak Kementerian Perhubungan menyediakan 12 ribu kursi untuk sepeda motor dan 24 ribu penumpang.
"Tolong ini terus disosialisasikan karena masih terisi sepertiga dari total yang kita sediakan. Masih banyak, jadi silahkan daftar," kata Pudji di Jakarta, Jumat (3/6/2016).
Pudji menyebutkan, hingga saat ini masih tersedia 8.000 kursi yang belum terisi dari total kuota yang sebesar 12 ribu pengangkutan sepeda motor. Adapun, program mudik gratis pada Lebaran 2016 ini melayani sembilan kota tujuan seperti, Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus baliknya, terdapat tiga kota tujuan yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.
Pudji mengungkapkan, arus mudik pemberangkatan sepeda motor pada 1 Juli 2016 di Kantor Bulog Divisi Regional I Kelapa Gading Jakarta Utara dan penumpangnya pada 2 Juli 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sedangkan untuk arus balik, sepeda motor diberangkatkan dari kota tujuan pada 16 Juli 2016 dan penumpangnya pada 17 Juli 2016.
Mengenai persyaratan umum yang harus dipenuhi, sambung Pudji, adalah sepeda motor harus dalam keadaan orisinil dan laik jalan; STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup (dilunasi); dan membawa identitas diri seperti KTP, KK, STNK, dan SIM.
Untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran online, jangka waktu verifikasi dokumen maksimum 3 hari, apabila pendaftar tidak melakukan verifikasi maka slot kuota akan dilepas dari booking online dan diharuskan mendaftar ulang. Lokasi verifikasi online yaitu di Kantor Dishub Tangerang, Kantor Dishub Tangerang Selatan, Kantor Dishub Depok, dan Kantor Dishub Kota Bekasi. Sedangkan untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran secara offline diharapkan langsung membawa kelengkapan dokumen untuk mempermudah proses pendaftaran.
Selain dengan moda angkutan jalan, Kementerian Perhubungan juga telah membuka pendaftaran mudik gratis pengguna sepeda motor dengan menggunakan kereta api pada tanggal 8 Maret 2016 sampai dengan 6 Juni 2016. Pada tahun 2015 lalu, kuota subsidi angkutan mudik motor gratis menggunakan angkutan kereta api sebesar 9.900 motor, sedangkan pada tahun 2016 jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 15.834 motor.
Penyelenggaraan mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga lintasan tujuan yaitu, lintas utara dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi. Selanjutnya pada lintas selatan satu di mana kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo. Sedangkan lintas terakhir yaitu lintas selatan 2 dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solojebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.
Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis pemudik sepeda motor 2016 untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016 sehingga keselamatan dan kenyamanan mudik lebaran dapat terlaksana dengan baik.
Sumber: Okezone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayo Daftar! Masih Ada 8 Ribu Kursi Mudik Gratis Pengguna Motor"

Post a Comment

close
Banner iklan disini