Sebenarnya, Apa Arti Kata Pokemon?

Terkait demam Pokemon Go yang kini kian mendunia, sejumlah kabar bohong beredar di dunia maya. Khusunya terkait arti dan asal muasal dari Pokemon itu sendiri. Tulisan singkat berikut semoga bisa menambah pemahaman terhadap kabar yang tersebar.

Kata Pokemon dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari dua kata: yaitu kata (Poke) yang merupakan singkatan dari kata (Pocket), artinya; Kantong/saku. Dan kata (Mon) yang merupakan singkatan dari kata (Monster), artinya; Monster. Jadi artinya ialah monster saku. Maksudnya merupakan ungkapan betapa kecilnya monster-monster ini hingga dapat terwadahi oleh saku.
Adapun nama Pikachu yang merupakan tokoh termasyhur dalam kartun ini, juga terbentuk dari dua kata: (Pika) dalam bahasa Jepang menunjukkan makna bersinar. Sedangkan kata (Chu) merupakan ungkapan tentang suara-suara yang keluar dari mulut tikus. Mengapa dinamakan Pikachu? Sebab (tokoh ini) memang bentuknya seperti tikus yang bersenjatakan sengatan listrik.
Adapun kata-kata (Charmander) menunjukkan makna: api yang menyala/membakar. Diambil dari kata bahasa Inggris (Char). Sedangkan kata (Amander) adalah sebuah kata yang memberikan isyarat pada sebuah binatang semacam kadal yang menyerupai api menyala. Keteranggan ini disebutkan oleh Atase Kebudayaan Jepang di Yordania; Kuji Taharo, sebagaimana yang ditulis oleh koran Yordania ar-Ra’yu pada edisi tanggal 4/4/2001.
Dari keterangan ini, tampaklah kesalahan orang yang menganggap bahwa arti Pokemon menurut bahasa Suryani adalah: “Saya Yahudi”, atau makna-makna lain yang senada.
Majalah New York Times pada edisi tanggal 26 Maret 2001 menyebutkan ungkapan juru bicara produsen kartun ini di Tokyo yang identitasnya disembunyikan: “Bahwa ia mengingkari kalau perusahaan menggunakan syiar-syiar keagamaan dalam produk-produknya”.
Koran Yordania “ad-Dustur” edisi hari Senin 8 Muharam 1422 H. juga menyebutkan pernyataan beberapa doktor ahli bahasa Suryani di Universitas Yarmuk, begitu pula pernyataan lembaga sosial Suryani di Yordan, bahwa kalimat Pokemon, Pikachu dan nama-nama lain dalam kartun Pokemon, sama sekali tidak ada kaitannya dengan bahasa Suryani, bahkan nama-nama itu asing bagi bahasa Suryani. Hal serupa juga adanya anggapan bahwa nama-nama tersebut menggunakan bahasa Jepang. Begitu pula anggapan bahwasanya menggunakan bahasa Ibrani.
Boneka kartun Pokemon berasal dari gagasan seorang laki-laki Jepang bernama Satushi Tajiri. Ia merupakan orang yang gemar mengumpulkan binatang-binatang serangga. Kemudian ia berkhayal bahwa dunia akan diserbu oleh serangga-serangga ini dan oleh binatang-binatang aneh dari angkasa luar dalam jumlah yang sangat banyak dan kemudian ditemukan oleh manusia. Terus pada gilirannya binatang-binatang ini berkembang dan meningkat menjadi lebih sempurna dengan keluarnya anggota-anggota tubuh yang baru.
Kemudian sebuah perusahaan raksasa Jepang bernama Nintendo mengadopsi gagasan itu dengan memproduksi mainan-mainan elektronik dan mengembangkannya menjadi (kartun) monster-monster kecil ukuran saku yang (menurut gagasan mereka-pen) memiliki kekuatan ajaib untuk bertempur. Lalu tersebarlah mainan-mainan ini secara signifikan pada akhir tahun sembilan puluhan hingga menguasai seluruh penjuru dunia; dalam bentuk mainan elektronik, film-film kartun, film-film hidup, komik-komik, jurnal-jurnal cerita dan (bahkan sampai) di situs-situs internet.

Sumber: FB Farid Wajdi


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebenarnya, Apa Arti Kata Pokemon?"

Post a Comment

close
Banner iklan disini