Cara Jitu Hemat Baterai Smartphone

Mesikpun ada power bank, namun menghemat baterai smartphone dapat dilakukan. Mengetahui sejumlah cara agar mampu menghindari pemborosan juga sebagai upaya menunjang mobilitas. Apa saja yang harus diperhatikan agar baterai tanah lama?

Keberadaan ponsel merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Terutama bagi mereka yang pekerjaannya terhubung dengan klien atau harus selalu menjalin koneksi dengan banyak orang. Namun, baterai ponsel pintar yang cepat habis seringkali menjadi penghambat.
Memang sih, kini sudah ada keberadaan power bank yang praktis dibawa ke mana saja. Namun, ada kok langkah praktis yang bisa digunakan untuk menghemat baterai smartphone kesayangan. Apa saja sih?
Matikan Wifi, Paket Data dan Bluetooth
Masih banyak pengguna smartphone yang membiarkan WiFi, paket data dan Bluetooth tetap menyala saat smartphone tidak digunakan. Konektivitas ini dapat menyerap daya ponsel dengan cepat sehingga baterai bisa cepat habis.
Turunkan Brightness Layar
Tingkat kecerahan layar smartphone merupakan salah satu faktor utama yang membuat baterai cepat habis. Lakukan pengaturan cahaya layar smartphone dengan menurunkan brightness-nya, tapi tetap nyaman di mata. Selain itu, jangka waktu time out atau standby yang terlalu lama juga berpengaruh pada daya tahan baterai. Kurangi waktu standby-nya agar baterai smartphone lebih awet.
Matikan GPS
GPS atau location service menghabiskan konsumsi baterai paling besar setelah layar. Nyalakan fungsi GPS hanya ketika dibutuhkan saja. Misalnya saat mengakses Maps untuk mencari suatu lokasi. Begitu selesai digunakan, jangan lupa matikan kembali agar baterai lebih awet.
Lakukan Efisiensi dalam Charge Baterai
Mengisi ulang daya baterai juga perlu mengetahui teknik yang tepat. Pada dasarnya, baterai smartphone terdiri atas dua jenis, yaitu lithium dan nickel. Jenis baterai lithium perlu di-charge berulang untuk mempertahankan dayanya. Sementara itu, jika kamu menggunakan jenis baterai nickel, lakukan pengisian saat baterai tinggal sedikit hingga kapasitas maksimum, yaitu 100% agar memaksimalkan performanya.
Jangan Biarkan Device Panas
Kondisi smartphone yang panas bisa menyebabkan kondisi baterai yang lebih boros. Device yang terasa panas membuat sistem Android bekerja ekstra. Inilah yang kemudian memakan konsumsi baterai berlebihan. Simpan ponsel di tempat sejuk untuk membuat suhunya tetap stabil, ya.
Itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat baterai smartphone tetap awet.

Sumber: Merdeka


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Jitu Hemat Baterai Smartphone"

Post a Comment

close
Banner iklan disini