Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih? Ini Berbahaya

Perempuan muslimah juga harus sedikit mengerti keluhan yang ada di mesin motor. Ini penting agar mampu mendeteksi sejak dini masalah yang melingkupi kendaraan roda dua tersebut. Termasuk bila knalpot mengeluarkan asap hitam maupun putih.

Salah satu masalah yang kerap timbul pada kendaraan, termasuk motor, adalah keluarnya asap dari knalpot. Asap yang keluar kadang warna hitam, tapi dalam kasus lain berwarna putih. Apa yang membedakan keduanya?

Reno Anggra, pemilik bengkel Pemula Matic yang ada di Depok, Jawa Barat, mengatakan keduanya adalah indikasi adanya masalah di mesin. Meski begitu, pria yang mengaku telah menyukai oprek motor sejak SD ini mengatakan asap putih lebih bahaya.
"Lebih bahaya asap putih. Itu sebetulnya oli yang terbakar di ruang bakar. Kalau hitam hanya kotor saja," ujar Anggra.

Asap hitam yang keluar dari knalpot biasanya disebabkan karena banyak timbunan kerak karbon di ruang bakar atau di knalpot. Selain itu, asap hitam juga disebabkan karena bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak dari standar.

Sementara rembesnya oli ke ruang pembakaran, yang jadi biang keladi keluarnya asap putih, disebabkan karena terdapat celah di bagian piston. "Piston selalu bergesekan sehingga baret. Itu jadi celah oli bisa masuk," tambah Reno.

Selain merugikan pengendara lain karena asap yang mengganggu, keluarnya asap putih ini dapat membuat motor rusak. Pasalnya, jika didiamkan, tidak sampai seminggu oli akan kering sama sekali. Kalau sudah begitu, penyakitnya merembet ke semua bagian.

Untuk mengatatasi masalah terakhir, beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti bore dan piston atau melakukan oversize satu tingkat.


Sumber: Liputan6

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih? Ini Berbahaya"

Post a Comment

close
Banner iklan disini