Cegah Kemacetan, Rekayasa Lalin Dilakukan di Tol Brebes Timur

Tingginya volume kendaraan kala mudik membuat sejumlah jalan tol mengalami kemacetan parah. Karenanya berbagai skenario dilakukan agar bisa mengurai permasalahan tersebut. Khususnya di Tol Brebes Timur.
Antrean panjang kendaraan pemudik mulai terlihat di sejumlah pintu keluar tol di wilayah Pantura, Jawa Barat, Jumat, 1 Juli 2016 atau H-5 Lebaran. Kepadatan paling parah terjadi di pintu keluar Tol Brebes Timur yang mencapai 5 kilometer.
Kemacetan yang terjadi di Tol Brebes Timur disebabkan karena kemacetan di jalan ateri Pantura. Hal ini yang menyebabkan kendaraan yang akan keluar tol mengalami hambatan. Petugas tol dibantu aparat kepolisian masih terus melakukan pengaturan untuk mengurai kemacetan di wilayah tersebut.
Antrean kendaraan juga terjadi di akses keluar Tol Palimanan yang mencapai 3 kilometer. Selain itu, kemacetan juga terjadi di pintu keluar Tol Pejagan akibat peningkatan volume kendaraan. Namun pada siang ini, Tol Jakarta - Cikampek dari arah Jakarta relatif masih lancar. Ruas Tol Cipali juga terpantau masih lancar. Tidak ada hambatan karena Volume kendaraan belum mengalami peningkatan yang signifikan.
"Sementara ini memang ada kepadatan di exit Tol Pejagan. Antrean sudah lebih dari 3 kilometer," kata petugas bernama Sigit.
Pengalihan Arus di Brebes
Kemacetan yang terjadi di pintu keluar Brebes memang sudah diprediksi sebelumnya. Ini karena kendaraan yang keluar dari tol akan memotong arus kendaraan di Pantura.
Sesuai yang telah ditentukan Kementerian Perhubungan, bila terjadi kemacetan di berbang tol Brebes Timur sepanjang 5 kilometer, maka arus lalu lintas diarahkan ke gerbang tol Brebes Barat (Klampok) menuju arah Pantura.
Kemudian, bila kemacetan terjadi di pintu keluar tol Brebes Barat (Klampok) lebih dari 5 kilometer, maka arus lalu lintas diarahkan ke GT Pejagan menuju arah Pantura. Kemudian bila kemacetan melanda pintu keluar tol Pejagan sepanjang 5 kilometer, maka arus lalu lintas diarahkan ke pentu keluar tol Kanci menuju Pantura.
Pantau 50 CCTV di Jalur Mudik
Bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, portal VIVA.co.id juga memberikan informasi kepada masyarakat secara live melalui CCTV mengenai kondisi lalu lintas jalan-jalan utama di jalur mudik. Mulai di Tol Cikampek, maupun di jalur Pantai Utara (Pantura), jalur tengah, selatan dan jalur barat, yang totalnya ada 50 CCTV.
Akses live CCTV jalur mudik. Masyarakat juga bisa melihat dengan cara mendownload aplikasi VIVA di Google play. Selain itu, selama arus mudik dan arus balik Lebaran, VIVA.co.id juga akan melakukan interaksi melalui sosial media dengan masyarakat terkait mudik dengan hastags #infomudikVIVA.

Sumber: Viva

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegah Kemacetan, Rekayasa Lalin Dilakukan di Tol Brebes Timur"

Post a Comment

close
Banner iklan disini