Warung Kikil Pak Said yang Super Empuk

Para pemburu kuliner disarankan singgah di warung ini. Mereka yang lanjut usia tak perlu takut karena kikil di sini sangat empuk. Penasaran? Datang yuk

Kikil merupakan salah satu bagian sapi yang banyak digemari. Kikil juga mudah dijadikan olahan makanan seperti gulai kikil atau soto kikil. Salah satu pengusaha warung makan di Surabaya yang juga sukses dengan sajian kikil adalah Muhammad Said.
Pria yang dipanggil Pak Said tersebut membuat sajian gulai kikil yang nikmat disantap dengan lontong. Kikil buatannya terkenal super empuk. Kebanyakan pelanggan yang datang ke warungnya tersebut adalah orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia).
"Biar potongannya gede-gede, tetapi kikilnya empuk sekali," kata Ponijan, salah satu pelanggan setia Kikil Pak Said yang sudah lansia, dikutip dalam laman buku "Wisata Jajan" terbitan Bango.
Usaha warung makan yang sudah ada sejak 33 tahun tersebut selalu nampak ramai terutama saat jam makan siang. Sriyati, istri Said membeberkan rahasia dari keempukan kikil masakannya tersebut.
Ternyata, kikil yang sudah dibersihkan dari bulu-bulu tersebut harus direndam dalam air panas kemudian dibakar untuk dibersihkan kembali dari bulu-bulu halus yang masih menempel.
Setelah bersih, kikil dipisahkan dari tulangnya dan kemudian direbus selama enam jam lamanya.
"Tiga jam pertama, kikil direbus dengan air biasa. Tiga jam berikutnya kikil direbus dalam bumbu agar meresap," kata Sriyati.
Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, kemiri, ketumbar, jintan, pala, merica, cabai merah, bawang merah goreng, bawang prei, dan garam. Tekstur kuahnya yang kental bukan karena campuran santan melainkan dari penggunaan kemiri yang banyak.
Dalam sehari, Sriyati dapat menjual empat panci besar gulai kikil. Seporsi gulai kikil beserta lontongnya dihargai Rp9 ribu saja. Sedangkan ia juga melayani jika ada yang ingin memesan kikilnya untuk hajatan, harga sepanci kikilnya dihargai Rp700 ribu.
Warung Kikil Pak Said berlokasi di Jalan Raya Pagesangan, Surabaya dekat dengan Pabrik Korek Pakabaya. Warung makan berbentuk tenda ini buka setiap hari pukul 08.00-11.00 WIB dan 13.30-18.00 WIB. 

Sumber: Merdeka


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warung Kikil Pak Said yang Super Empuk"

Post a Comment

close
Banner iklan disini