Tiba di Tanah Air, Calhaj Pospor Filipina Disambut Tangis

Akhirnya, calon jamaah haji (calhaj) parpor Filipina tiba di tanah air. Mereka disambut tangis haru pejabat dan keluarga.

Jamaah haji asal Indonesia yang baru tiba dari Filipina, tak bisa menahan urai air mata. Saat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo juga meneteskan air mata saat menyambut 94 calon jamaah haji asal Sulsel, di ruang Imigrasi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar (4/9/2016)
"Saya marah, atas musibah ini, bukan mereka yang salah, tapi kita dari pemerintahan yang salah, mereka ini mau menjalankan kewajiban sebagai umat Islam," ujar Syarul dengan terbata-bata sambil meneteskan air mata.
Penyambutan yang awalnya riuh, tiba-tiba hening usai Syahrul terdengar isak tangisnya. Pidato yang ia bawakan, sempat berhenti sekitar dua menit. Gubernur itu, seperti melampiaskan tangisannya sebelum melanjutkan pidatonya.
"Mohon maaf, saya agak emosional, satu bulan saya pendam. Hampir tiap hari saya telefon Menlu, bebaskan warga saya," cerita Syahrul di depan calon haji asal Sulsel dengan mata nanar.
Usai memberi sambutan, ia pun bersama dubes RI untuk Filipina, Johny Lumintang menyempatkan menjabat tangan dan memeluk para rombongan calon haji yang gagal berangkat itu.
Tangisan pun semakin pecah, menghiasi situasi yang sempat hening. Rombongan calon haji yang gagal ke Makkah itupun tampak melepaskan perasaan mereka, atas kejadian yang baru mereka alami.
"Saya perintahkan, Pak Kanwil (Kemenag Sulsel) mohon berangkatkan mereka, kalau bukan hari ini, tahun depan berangkatkan," ucap Syarhul dengan nada tegas.
Usai acara serah terima, rombongan calon haji mulai diarahkan meninggalkan ruang imigrasi. Sambil menutup muka, dengan masker dan kacamata mereka tertunduk keluar dari bandara Internasional Sultan Hadanuddin.
Saat tiba di pintu, keluarga mereka berlarian memeluk calon haji yang gagal berangkat tersebut. Tangisan lagi-lagi tak tertahankan, hampir sebulan keluarga mereka dalam kondisi tak pasti, dan baru bertemu hari ini.
"Untungnya kamu pulang nak. Yang terpenting, kamu selamat tiba di sini kembali," ucap salah satu keluarga jamaah terbata-bata saat memeluk CJH yang baru dipulangkan dari Filipina.

Sumber: Okezone


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiba di Tanah Air, Calhaj Pospor Filipina Disambut Tangis"

Post a Comment

close
Banner iklan disini