Tersedak? Berikut Cara Menyembuhkan

Tidak banyak yang memiliki pengetahuan soal tersedak. Tips berikut dapat membantu agar gangguan tersebut dapat hilang tanpa menimbulkan rasa was-was.

Saat acara makan-makan, tiba-tiba ada seseorang yang tersedak. Reaksi pertama yang paling banyak orang tunjukkan adalah panik. Kedua, berusaha menolong orang tersebut dengan memberinya air minum.

Ternyata, ada beberapa cara untuk melakukan pertolongan pertama pada orang tersedak. Praktisi keamanan dan keselamatan 4Life, Lelitasari, membagikan tipnya untuk Anda.

Paksa batuk dan induksi muntah. Jika tidak berhasil, tahan badan atas korban menghadap ke depan dan coba untuk meredakan orang yang tersedak dengan memukul sebanyak lima kali di antara bahu menggunakan telapak tangan.

“Apabila korban mulai kehilangan kesadaran dan berhenti bernapas normal, mulai lakukan CPR dan segera hubungi rumah sakit,” katanya.

Sedangkan pertolongan kepada bayi yang tersedak adalah sebagai berikut;

Tidurkan bayi di lengan menghadap ke bawah sambil ditengadahkan ke bawah sehingga posisi kepala lebih rendah dari dada. “Pegang kepala bayi dengan tangan Anda, tahan mulut bayi dan pastikan leher tidak menekuk ke dada,” ujarnya.

Selanjutnya, tepuk punggung bayi sebanyak lima kali di antara bahu menggunakan telapak tangan.

Dengan mengetahui cara penanganan yang baik dan benar, tentu Anda akan lebih siap menghadapi segala sesuatu yang terjadi kemudian hari.


Sumber: Tempo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tersedak? Berikut Cara Menyembuhkan"

Post a Comment

close
Banner iklan disini