Kebutuhan Vitamin bagi Perempuan Sesuai Usia

Perempuan harus memperhatikan asupan vitamin dalam tubuh. Dan setiap usia memerlukan kadar berbeda sesuai kebutuhan. Berikut rinciannya.

Vitamin sangat dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Tapi mungkin tak banyak perempuan yang tahu bahwa kebutuhan akan vitamin berbeda pada setiap dasawarsa usia.

Berikut jenis-jenis vitamin yang dibutuhkan wanita berdasarkan usianya, seperti dilansir laman Purewow.

Usia 30an
Bila ingin hamil setelah berusia 30 tahun, wanita sangat membutuhkan asam folat. Selain mengurangi risiko bayi lahir cacat, asam folat juga menurunkan risiko wanita terkena serangan jantung dan stroke. Bila tak berencana untuk hamil atau sedang dalam proses mengontrol kehamilan, wanita membutuhkan seng dan magnesium karena beberapa jenis kontrasepsi mengurangi kedua mineral penting tersebut dari tubuh.

Usia 40an
Vitamin D sangat penting untuk semua orang, terutama di usia 40an. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit, seperti kanker, osteoporosis, dan jantung.

Usia 50an
Pada usia ini, wanita membutuhkan vitamin yang baik untuk darah dan fungsi otak. Vitamin B12 makin sulit diserap oleh tubuh ketika sudah memasuki usia paruh baya ini sehingga perempuan sering kekurangan vitamin tersebut. Pada usia ini pula wanita harus rajin mengkonsumsi multivitamin khusus untuk usia 50 tahun ke atas karena mengandung zat besi yang lebih sedikit dan vitamin B12 yang lebih banyak dibanding multivitamin untuk mereka yang berusia lebih muda.

Di atas usia 60
Setelah masa pascamenopause, potasium adalah zat yang paling dibutuhkan wanita untuk mengurangi risiko serangan stroke. Omega-3 juga sangat dibutuhkan untuk mengurangi gejala radang sendi.

Sumber: Tempo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebutuhan Vitamin bagi Perempuan Sesuai Usia"

Post a Comment

close
Banner iklan disini