Ingin Umur Panjang? Ini Rahasia dari Spanyol

Sejumlah cara dilakukan manusia untuk dapat lebih lama bertahan hidup. Padahal untuk bisa memiliki usia panjang sangat sederhana.

Spanyol merupakan negara kedua yang memiliki harapan hidup tertinggi setelah Jepang. Negara ini memiliki setidaknya lebih dari 100.000 centenarian atau orang yang hidup sehat hingga berusia 100 tahun atau lebih, menurut data sensus terbaru.

Lebih dari setahun, fotografer Reuters Andrea Comas mewawancarai ratusan orang Spanyol yang panjang umur di sepanjang Asturias hingga pulau Balearic, Menorca.
Data menunjukkan, harapan hidup orang yang lahir di Spanyol rata-rata 83,2 tahun. Tak berbeda jauh dengan Jepang yaitu 83,4 tahun.

Menurut Comas, sebagian besar pria dan wanita Spanyol memiliki semangat hidup yang tinggi. Mereka juga sangat suka seni, mulai dari drama sampai bermain piano.Banyak juga yang menikmati bertani atau memilih untuk merawat anak cacat.

"Mayoritas orang-orang tua dikelilingi oleh keluarga atau orang-orang yang mencintai mereka sehari-hari. Di sana, ikatan keluarga adalah hal yang terpenting," ujar Comas.Berikut, Comas memberikan ulasan singkat rahasia panjang umur para lansia, seperti dikutip Daily Mail, Senin (2/1/2017):

1. Sehari, Satu Sendok Madu
Rafaela Pons yang kini berusia 102 tahun berasal dari Ferreries, di Balearic island of Menorca. Ia tinggal sendiri meski kadang dijenguk oleh anak dan cucunya. Menurutnya, kebiasaan yang tak pernah ia tinggalkan adalah minum sesendok madu setiap hari. Hal ini yang ia yakini membuat tubuhnya selalu sehat.

2. Bermain Piano
Bagi Pedro Rodriguez (106), piano tak sekadar alat musik. Ia setiap hari memainkan piano bersama istrinya yang 20 tahun lebih muda darinya. Hobi inilah yang ia rasakan sangat bermanfaat karena membuatnya awet muda.

3. Makan Gazpacho
Maria Josefa Guillen (103) mengatakan, dia sangat suka mengonsumsi gazpacho--makanan tradisional Spanyol dengan tomat dan sup mentimun.

4. Saluran Pencernaan
Lucia Manzano (100) berpikir, saluran pencernaan merupakan kunci panjang umur.

5. Sayur dan Berkebun
Pilar Fernandez (101) tinggal bersama putrinya Pili, cucu kesayangannya Flori dan cicitnya Ana. Satu hal yang selalu ia lakukan agar bisa hidup lama dengan keluarganya, menanam sayur dan mengonsumsinya setiap hari.


Sumber: Liputan6

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Umur Panjang? Ini Rahasia dari Spanyol"

Post a Comment

close
Banner iklan disini