Gunakan Media Sosial untuk Mewartakan Kegiatan Sekitar



Puluhan peserta tampak antusias mengikuti pelatihan jurnalis warga. Mereka diharapkan terus mengasah kemampuan menulis dan mengabarkan kejadian di sekitarnya, termasuk dengan memanfaatkan media sosial.

Akhir Agustus lalu, setidaknya ada 21 orang mengikuti pelatihan menjadi jurnalis warga. Mereka berasal dari banyak latarbelakang, ada yang berstatus calon mahasiswa, mahasiswa aktif, sarjana, termasuk para guru. Kendati demikian, seluruhnya terlihat antusias mengikuti kegiatan yang dipusatkan  di gedung pascasarjana Universitas Hasyim Asyari atau Unhasy Jombang tersebut.

Selama pelatihan, mereka mendapatkan materi dari Syaifullah Ahmad Nawawi. Baginya, masuk dunia jurnalis itu mudah dan banyak manfaat yang diraih. “Karena kita bisa bertemu dengan teman baru yang mempunyai banyak pengalaman sehingga dapat bertukar pikiran dengan mereka,” ujar Saiful, sapaan akrabnya.

Pemilik motto; hidup dan mati di  media tersebut mengungkapkan bahwa di jaman ini sulit diterima kalau ada yang mengatakan tidak bisa menulis. “Karena sarana penunjang dan kemudahan telah dimiliki,” ungkapnya. Dari mulai laptop, hape cerdas, juga jaringan internet telah demikian mudah didapat dan bahkan menjadi bagian tidak terpisahkan dalam hidup. 

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10 pagi hingga 14.00 tersebut, peserta mendapatkan penjelasan bagaimana bisa menulis berita dengan baik dan benar. 

Saiful juga menyampaikan, untuk dapat menjadi pewarta warga, banyak sarana yang bisa digunakan untuk latihan. Karena, menulis butuh praktik sesering mungkin termasuk di media sosial. 
“Untuk latihan menulis berita adalah dengan cara sesering mungkin menulis status di facebook atau twitter,” paparnya. Namun pada tulisan tersebut hasil memperhatikan judul, lead yakni kepala berita, dan body atau isi berita. (Putri Wahyu)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunakan Media Sosial untuk Mewartakan Kegiatan Sekitar"

Post a Comment

close
Banner iklan disini