Hindari Diabetes? Lakukan Kebiasaan Berikut

Pola makan yang kurang terkontrol akan berakibat kurang baik bagi kesehatan tubuh. Utamanya penyakit diabetes yang kini menjadi langganan orang dewasa. Bagaimana cara menghindarinya?
Siapa yang tidak tergiur saat melihat cokelat, kue, biskuit manis, dan sejenisnya? Sayangnya, semua makanan itu bukan sahabat tubuh karena berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan.


Aneka makanan lezat itu juga menjadi pemicu meningkatnya jumlah penderita diabetes, penyakit yang kini dialami 8,5 persen orang dewasa berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Belum lagi mereka yang sudah didiagnosis menderita pradiabetes.

Sedikit perubahan gaya hidup bisa memangkas risiko datangnya diabetes. Cobalah tujuh cara mudah yang diberikan oleh Cheat Sheet ini:

1. Rutin berolahraga
Tetap aktif adalah salah satu cara terbaik untuk tetap sehat secara umum, termasuk salah satu cara untuk mencegah diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan berolahraga 150 menit seminggu akan memangkas 26 persen risiko terserang diabetes dibanding mereka yang tak pernah mengolah fisik. Bila waktu berolahraga 300 menit seminggu, risiko yang terpangkas adalah 36 persen.

2. Mengontrol porsi makan
Seperti yang sering dibahas sebelumnya, memangkas berat badan adalah salah satu kunci mencegah diabetes. Urusan menurunkan berat badan memang berkaitan dengan diet. Sayangnya, hanya mengkonsumsi makanan sehat itu tidak mudah. Yang lebih penting adalah mengontrol porsi makan.

3. Perbanyak konsumsi serat
Berbicara soal mengurangi makan juga tak lepas dari jenis makanan yang membuat kenyang lebih lama. Jadi, pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi. Menurut Mayo Clinic, serat bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan memperbaiki kadar gula dalam darah, yang berarti juga menurunkan risiko diabetes.

4. Pilih lemak baik
Kunci lain untuk tetap kenyang sepanjang hari adalah memilih lemak yang tepat dalam pola makan. Sebuah penelitian pada 2009 menekankan pentingnya lemak tak jenuh dalam membantu mencegah risiko diabetes. Lemak jenis ini yang harus menggantikan lemak jenuh di setiap makanan kita. Sumber lemak baik itu adalah alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

5. Batasi konsumsi gula
Siapapun pasti paham membatasi konsumsi gula akan mengurangi risiko terserang diabetes. Sayangnya, tak semua orang mampu melakukannya.

6. Kendalikan stres
Selain fisik, faktor mental juga harus mendapat perhatian. Stres akut sangat berbahaya bagi tubuh. Menurut riset dari Universitas Gothenburg di Swedia, mereka yang berusia di atas 35 tahun dan mengalami stres lebih rentan terkena diabetes. Mengendalikan stres sebenarnya tidak sulit, bisa lewat aktivitas fisik, juga dengan bermeditasi.

7. Cukup tidur
Kurang tidur berbahaya buat kesehatan dan juga meningkatkan risiko terkena diabetes. Sebuah artikel yang dimuat di Cleveland Clinic Journal of Medicine menunjukkan beberapa poin yang mengaitkan kedua hal ini, meski para peneliti mengakui perlu penelitian lebih lanjut lagi.


Sumber: Tempo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari Diabetes? Lakukan Kebiasaan Berikut"

Post a Comment

close
Banner iklan disini